UPAYA PENDIDIK DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ERA SOCIETY 5.0 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023-2024

ALFATH, MUHAMMAD HISYAM (2024) UPAYA PENDIDIK DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ERA SOCIETY 5.0 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of Muhammad Hisyam Alfath.pdf] Text
Muhammad Hisyam Alfath.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hisyam Alfath, Muhammad. 2024. Upaya Pendidik Dalam Menghadapi Tantangan
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Era Society 5.0 di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 6 Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok
Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Ririn Nuraini, M.Pd.
Abstrak
Pendidikan Agama Islam saat ini telah mengalami perubahan karena pesatnya
perkembangan teknologi pada era society 5.0 ini, hal ini dikhawatirkan terjadinya
penyalahgunaan teknologi untuk hal-hal yang negatif, sehingga peserta didik menjadi
tidak fokus dalam pembelajaran, rasa hormat terhadap guru menjadi kurang serta sikap
sosialnya menurun. Hal ini menuntut guru untuk mengupayakan segala cara untuk
menghadapi tantangan-tantangan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui tantangan apa saja yang
dihadapi pendidik dalam mengajarkan Pendidikan Agama Islam era Society 5.0 di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024. 2) Untuk
mengetahui upaya yang dilakukan pendidik dalam menghadapi tantangan pembelajaran
Pendididikan Agama Islam era Society 5.0 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6
Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024. 3) Untuk mengetahui implikasi upaya Pendidik
dalam menghadapi tantangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam era Society 5.0 di
Sekolah Menengah Pertama 6 Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan observasi non partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif dari Miles Huberman.
Pengecekan keabsahan temuan pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tantangan pendidik dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam era society 5.0 di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 6 Ponorogo tahun pelajaran 2023-2024 yaitu kemampuan Sumber Daya Manusia
yang belum sepenuhnya siap dalam menghadapi era ini, beberapa peserta didik tidak
fokus dalam proses pembelajaran, karakteristik peserta didik semakin menurun, peserta
didik mudah terjerumus dalam hal-hal yang negatif, dan peserta didik menjadi
individualis. 2) Upaya pendidik dalam menghadapi tantangan pembelajaran Pendidikan
Agama Islam era society 5.0 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Ponorogo tahun
pelajaran 2023-2024 adalah adalah Pendidik senantiasa memberikan nasehat berkaitan
dengan penggunaan teknologi secara bijak, pendidik memanfaatkan teknologi dalam
pembelajaran dengan baik. Pendidik menggunakan berbagai macam metode dan strategi
pembelajaran, pendidik selalu melakukan pendekatan-pendekatan terhadap peserta didik
dan sanantiasa menjadi suri tauladan bagi peserta didiknya. 3) Implikasi upaya pendidik
dalam menghadapi tantangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam era society 5.0 di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Ponorogo tahun pelajaran 2023-2024 positif
terhadap aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik peserta didik.
Kata Kunci: Upaya Pendidik, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Era Society 5.0

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 08 May 2025 08:25
Last Modified: 09 May 2025 08:07
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/99

Actions (login required)

View Item
View Item