RAHMANIA, MUFIDATUL (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 JETIS PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
![mufidatul rahmania.pdf [thumbnail of mufidatul rahmania.pdf]](https://repo.iairm-ngabar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mufidatul rahmania.pdf
Download (809kB)
Abstract
Rahmania, Mufidatul. Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembentukan
Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jetis Ponorogo
Tahun Pelajaran 2023-2024. Skripsi. 2024. Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok
Pesantresn Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Ratna Utami Nur Ajizah,
M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh di Lembaga Pendidikan masih ditemukan
karakter peserta didik yang masih kurang baik. Hal ini disebabkan oleh banyak hal,
diantaranya pergaulan yang tidak baik, pengaruh lingkungan sekitar dan lain
sebagainya. Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama diharapkan bisa menjadi salah
satu alternatif solusi pada permasalahan tersebut. Maka, peneliti tertarik membahas
penelitian tentang hal tersebut.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai moderasi
beragama dalam pembentukan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 1 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024; 2) Untuk mengetahui implikasi
internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembentukan karakter peserta didik
di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi non partisipasi,
wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan
temuan menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Internalisasi nilai-nilai moderasi
beragama dalam pembentukan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 1 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024 adalah dalam pembelajaran di kelas
bermuatan nilai-nilai dasar seperti tawassuth, tawazun, tasamuh, musawah, i’tidal, dan
syura; Kegiatan Intrakurikuler, ekstrakurikuler dan pembiasaan yang memperlihatkan
internalisasi nilai-nilai moderasi beragama seperti forum diskusi lintas agama dan
kegiatan sosial; Pembiasaan sikap saling menghargai dan toleransi dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah.; 2) Implikasi internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam
pembentukan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jetis
Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024 adalah karakter peserta didik menjadi lebih baik,
dibuktikan dengan meningkatkan karakter toleransi seperti: sikap saling menghargai
antar sesama dan kepedulian sosial di kalangan peserta didik.
Kata Kuci: Internalisasi, Nilai-nilai Moderasi Beragama, Karakter Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
Date Deposited: | 08 May 2025 08:21 |
Last Modified: | 14 May 2025 10:03 |
URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/98 |