PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING KELAS XI MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF AL-MUKARROM KAUMAN SUMOROTO TAHUN PELAJARAN 2023-2024

FUADY, ALFAJRI JAUHARUL (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING KELAS XI MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF AL-MUKARROM KAUMAN SUMOROTO TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of Fajri.pdf] Text
Fajri.pdf

Download (761kB)

Abstract

Fuady, Alfajri Jauharul. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik
Melalui Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Kelas XI Mata Pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Kauman
Sumoroto tahun pelajaran 2023-2024. Skripsi. 2024. Program Studi Pendidkan
Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin
Pondok Pesanren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Darul Laitatul
Qomariyah, M.Ag.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemilihan metode pembelajaran yang
umumnya digunakan dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam cenderung
monoton, hanya menggunakan metode ceramah saja. Dengan menerapkan metode
pembelajaran Inqiury Based Learning peserta didik diharapkan akan lebih terlibat aktif
dalam proses pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran Inquiry Based Learning dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Sumoroto Tahun Pelajaran 2023
2024; 2) Untuk mengetahui implikasi penerapan model pembelajaran Inquiry Based
Learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Ma’arif Al- Mukarrom Kauman Sumoroto
Tahun Pelajaran 2023-2024; 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung
dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui model
pembelajaran Inquiry Based Learning kelas XI mata pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Sumoroto Tahun Pelajaran
2023-2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi
kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran
Inquiry Based Learning dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan
melatih keterampilan analitis dan berpikir kritis, mengaitkan sejarah dengan konteks
modern, serta mengembangkan kemandirian belajar; 2) Implikasi penerapan model
pembelajaran Inqiury Based Learning dapat menigkatkan keterampilan berpikir kritis
peserta. Terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik;
3) Faktor penghambat dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik
melalui model pembelajaran Inquiry Based Learning kelas XI mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam berasal dari invidualitas peserta didik, internet, dan peran orang tua
dalam memotivasi peserta didik dalam belajar. Faktor pendukung seperti fasilitas
perpustakaan, ketersediaan internet, dan lab komputer, memperkuat pengalaman
pembelajaran aktif peserta didik di Madrasah Aliyah Ma'arif Al-Mukarrom.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Inquiry Based Learning, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 08 May 2025 07:30
Last Modified: 16 May 2025 07:44
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item
View Item