PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS DALAM MENIGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DIKELAS XI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF AL-MUKARROM KAUMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023-2024

VINOLA, ELIN (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS DALAM MENIGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DIKELAS XI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF AL-MUKARROM KAUMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of ELIN.pdf] Text
ELIN.pdf

Download (566kB)

Abstract

Vinola, Elin. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) pada mata
pelajaran Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Kritis Peserta didik Kelas XI MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman
Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. 2024. Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam
Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo,
Pembimbing Iin Supriyanti, M.Pd.I.
Kata Kunci : Penerapan Metode Tipe Think Pair Share (TPS), Mata Pelajaran Qur’an
Hadis, Berpikir Kritis.
Penenlitian ini bertujuan (1.) untuk mengetahui pelaksanaan metode Think Pair
Share (TPS) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas XI MA Ma’arif Al
Mukarrom Kauman. (2.) untuk mengetahui kondisi kemampuan berpikir kritis peserta
didik di kelas XI MA Ma’arif Al-mukarrom Kauman. (3.) untuk mengetahui
keberhasilan metode Think Pair Share pada mata pelajaran Al-Quran Hadis dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas XI Ma’arif Al
mukarrom Kauman.
Jenis Penelitian ini adalah field search (penelitian lapangan) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini diantaranya yaitu, pendidik mata
pelajaran Al-Quran Hadis, Waka Kurikulum, dan peserta didik kelas XI. Data dianalisis
dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan: (1.) bahwa inti pelaksanaan metode Think Pair
Share ada 3 fase yaitu, Think, Pair, Share. (2.) kondisi kemampuan berpikir kritis
peserta didik cukup baik. Peserta didik mampu bertanya sebuah inti pertanyaan,
bertanya dan menjawab sebuah pertanyaan, menarik kesimpulan dan mampu
berinteraksi dengan orang lain. (3.) penerapan model pemeblajaran Think Pair Share
pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis cukup baik. Pembelajaran menggunakan metode
Think Pair Share menjadikan peserta didik aktif dalam pembelajaran, berani
menyampaikan pendapat, peserta didik mampu memaham materi lebih maksimal serta
membangun mental peserta didik untuk berani tampil mempresentasikan hasil diskusi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 08 May 2025 07:18
Last Modified: 14 May 2025 10:16
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item
View Item