FUADI, BAGUS MEGANTARA NUGRAHA (2024) IMPLEMENTASIMODELPEMBELAJARAN COOPERATIVEINTEGRATEDREADINGANDCOMPOSITION DALAMMENINGKATKANPEMAHAMANPESERTADIDIKPADA MATAPELAJARANSEJARAHKEBUDAYAANISLAMKELASXIDI MADRASAHALIYAHMA’ARIFAL-MUKARROMKAUMAN SOMOROTOTAHUNPELAJARAN2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
![Bagus Megantara N F.pdf [thumbnail of Bagus Megantara N F.pdf]](https://repo.iairm-ngabar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bagus Megantara N F.pdf
Download (773kB)
Abstract
Fuadi, Bagus Megantara Nugraha. Implementasi Model Pembelajaran
Cooperative
Integrated
Reading And Composition dalam
Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam Kelas XI di Madrasah Aliyah Ma’Arif Al
Mukarrom Kauman Somoroto Tahun Pelajaran 2023-2024. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut
Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren “Wali Songo”
Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Dr. Imam Rohani, M.Pd.I
Abstrak
Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And
Composition Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Mata
Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI Di Madrasah Aliyah Ma’Arif Al
Mukarrom Kauman Somoroto Tahun Pelajaran 2023-2024 merupakan suatu
model pembelajaran yang digunakan pendidik dalam pembelajaran di dalam kelas
umtuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,
wawancara, serta dokumentasi.
Hasil Penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) implementasi model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition di kelas XI
Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto pada mata pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam tahun pelajaran 2023-2024 dapat menjadikan peserta
didik untuk aktif dalam pembelajaran di dalam kelas, serta meningkatkan
pemahaman dan pengetahuan pada mata pelajaran terutama pata mata pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam. 2) pemahaman peserta didik kelas XI di Madrasah
Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto tahun pelajaran 2023-2024
sebelum menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition bahwa beberapa peserta didik memiliki pemahaman yang lebih
mendalam, sementara yang lain memiliki pemahaman yang terbatas terhadap
topik tertentu, mereka juga belum terbiasa bekerja dalam sebuah kelompok, serta
kurangnya motivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan semangat. 3) hasil
implementasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition di kelas XI Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Kauman
Somoroto pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tahun pelajaran 2023
2024 peserta didik bisa mengembangkan keterampilan menulis dan membaca
mereka, serta memperluas kosa kata mereka dalam konteks yang bermakna, selain
itu tingkat partisipasi peseta didik dalam pembelajaran meningkat secara
signifikan, mereka lebih aktif berdiskusi, berbagi ide, dan saling membantu dalam
memahami teks
Kata Kunci: Model Pembelajaran CIRC, Pemahaman peserta didik, Sejarah
Kebudayaan Islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
Date Deposited: | 07 May 2025 08:14 |
Last Modified: | 14 May 2025 09:37 |
URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/85 |