Azzuhdi, Abdul Jalal (2024) IMPLEMENTASI METODE RESOURCE BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF AL-ISHLAH BUNGKAL PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
![abdul jalal.pdf [thumbnail of abdul jalal.pdf]](https://repo.iairm-ngabar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abdul jalal.pdf
Download (1MB)
Abstract
Azzuhdi Jalal, Abdul. Implementasi Metode Resource Based Learning dalam meningkatkan pengetahuan
Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI Madrasah Aliyah Ma’arif Al
Ishlah Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024. Skripsi 2024. Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo
Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Ririn Nuraini, M.Pd.
Abstrak
Dalam proses pembelajaran hingga saat ini masih banyak permasalahan yang muncul. Termasuk pada
proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan
motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Proses pembelajaran hingga
saat ini masih mengalami banyak permasalahan. Salah satu diantaranya adalah permasalahan tentang tingkat
pengetahuan peserta didik. Dimana salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang
monoton. Hal ini bisa berdampak pada menurunnya pengetahuan peserta didikpeserta didik. Baik itu dari
aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Maka dari itu tugas seorang pendidik harus berusaha
menciptakan iklim yang nyaman dalam proses pembelajaran. Baik berkaitan dengan perencanaan,
pelaksanaan maupun evaluasi pembelajaran. Metode Resource Based Learning bisa menjadi salah satu cara
untuk membuat suasana pembelajaran lebih aktif dan efektif. Pemilihan metode dan strategi yang tepat
diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta didik pada mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo
Tahun Pelajaran 2023-2024. 2)Untuk mengetahui implemetasi metode Resource Based Learning dalam
meningkatkan pengetahuan peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di
Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024. 3)Untuk mengetahui
dampak metode Resource Based Learning dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik kelas XI di
Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi non partisipasi, wawancara mendalam, dan
dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif dari Miles Huberman, yang terdiri
dari display data, reduksi data serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan pada penelitian
ini menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat pengetahuan peserta didik sudah baik, akan tetapi
masih perlu ditingkatkan lagi berkaitan dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. 2)Langkah langkah
metode resource based learning ada 6 yaitu: mencari informasi, merencanakan informasi, engumpulkan
informasi, menganalisa, mensintesa, evaluasi. 3) Dampak Implementasi Metode Resource Based Learning
Dalam Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI
di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo berdampak positif dalam meningkatkan
pengetahuan peserta didik di sana. hal ini dibuktikan dengan peningkatan pada aspek kognitif, afektif dan
psikomotorik yang semakin baik. Dampak negatif dari metode Resource Based Learning adalah: Menuntut
kemampuan dan kreatifitas peserta didik dan guru, Menuntut persiapan pembelajaran yang matang dari
seorang guru, Resource based learning seringkali menyita banyak waktu jika pengelolaan kelas tidak efisien.
Kata Kunci: Implementasi, Metode, Resource Based Learning, Pengetahuan Peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
Date Deposited: | 07 May 2025 07:36 |
Last Modified: | 14 May 2025 09:24 |
URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/80 |