IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Yuliani, Yuliani (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of YULIANI_compressed.pdf] Text
YULIANI_compressed.pdf

Download (593kB)

Abstract

Yuliani,
Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Qur’an
Hadist Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Ponorogo Tahun
Pelajaran 2022/2023. Skripsi. 2023. Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok
Pesantren “Walisongo” Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Dr. Imam Rohani,
M.Pd.I., Ririn Nuraini, M. Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Blended Learning, Motivasi Belajar Peserta
Didik
Model pembelajaran blended learning dalam meningkatkan motivasi
belajar peserta didik sangat penting untuk diterapkan. Dengan model
pembelajaran blended learning merupakan salah satu upaya yang dilakukan
untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan mengatasi beberapa
kesenjangan yang dominan terjadi terhadap belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus,
dan bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi model pembelajaran
blended learning pada mata pelajaran Qur’an Hadis kelas VII di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 3 Ponorogo, 2) mengetahui motivasi belajar peserta didik
pada mata pelajaran Qur’an Hadis kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri
3 Ponorogo, 3) mengetahui implikasi dari pembelajaran blended learning
dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran
Qur’an Hadis kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Ponorogo.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) implementasi model
pembelajaran blended learning pada mata pelajaran Qur’an Hadis kelas VII
di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Ponorogo, dirasa cukup membantu dalam
proses belajar mengajar secara online maupun tatap muka, 2) dengan adanya
model pembelajaran blended learning guru memberikan motivasi belajar
peserta didik melalui berbagai cara selain menggunakan metode ceramah
guru menyediakan tampilan berupa video-video mengenai materi yang ada
dalam setiap babnya serta menjelaskan materi disertai pengalaman
pengalaman nyata, 3) implikasi dari pembelajaran dengan menggunakan
model blended learning dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik
pada mata pelajaran Qur’an Hadis kelsas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri
3 Ponorogo dirasa cukup bagus, peserta didik antusias dan semangat untuk
mengikuti pembelajaran di kelas maupun secara online.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 05 May 2025 09:02
Last Modified: 14 May 2025 09:28
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/78

Actions (login required)

View Item
View Item