PENGARUH TAHFIDZUL QUR’AN TERHADAP TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

WIDODO, WIDODO (2023) PENGARUH TAHFIDZUL QUR’AN TERHADAP TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of WIDODO_compressed.pdf] Text
WIDODO_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Widodo. Pengaruh Tahfidzul Qur’an Terhadap Tingkat Kecerdasan Emosional
Peserta Didik Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Wonogiri Tahun
Pelajaran 2022/2023. Skripsi. 2023. Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin
Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: M.
Auliyaussofi, M.A., Ratna Utami Nur Ajizah, M.Pd.
Kata Kunci: Tahfidzul Qur’an, Kecerdasan Emosional
Program tahfidzul qur’an yang dilaksanakan yaitu menciptakan peserta
didik yang berilmu serta berakhlak mulia yang tidak hanya sekedar intelektual
maupun spiritual, akan tetapi aspek yang lain seperti kecerdasan emosional.
Setelah peneliti amati ada peserta didik yang melihat temannya kesusahan selalu
memberikan bantuan. Suatu ketika ada temannya kecelakaan yang memerlukan
biaya operasi hingga Rp 70.000.000,00 lebih. Peserta didik yang ada di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 3 Wonogiri sangat antusias membantu dengan cara
penggalangan dana, agar biaya operasi segera terpenuhi. Penelitian ini mengambil
sampel 6 kelas yaitu 7A, 7B, 8A, 8B, 9A, dan 9B dengan jumlah keseluruhan 162
peserta didik. Peneliti menggunakan teknik pengumpul data melalui wawancara,
angket, pengamatan dan dokumentasi.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mngetahui proses tahfidzul qur’an
yang diterapkan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Wonogiri Tahun Pelajaran
2022/2023, 2) untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional peserta didik pada
Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Wonogiri Tahun Pelajaran 2022/2023, 3) untuk
mengetahui pengaruh tahfidzul qur’an terhadap tingkat kecerdasan emosional
peserta didik pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Wonogiri Tahun Pelajaran
2022/2023.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) program tahfidzul yang
diterapkan dengan dua pembagian kelas yaitu kelas program khusus (PK) dan
kelas reguler dengan menerapkan metode dril, sorogan dan qira’ati, 2) salah satu
tingkat kecerdasan emosional peserta didik 38,9% sering memiliki sifat empati
dan peka terhadap perasaan orang lain, 3) dari nilai Fhitung > Ftabel yaitu 79,745 >
1,975 dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05, nilai thitung > ttabel yaitu 8,930 >
1,975 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ha diterima dan
Ho ditolak. Dari uji regresi linier sederhana nilai R Square yaitu 0,333, yang
menunjukkan bahwa proporsi pengaruh variabel Tahfidzul Qur’an terhadap
variabel Kecerdasan Emosional sebesar 33,3%. Artinya, tahfidzul qur’an memiliki
proporsi pengaruh terhadap kecerdasan emosional sebesar 33,3% sedangkan
sisanya 66,7% (100% - 33,3%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada
didalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 05 May 2025 08:55
Last Modified: 16 May 2025 07:35
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item
View Item