Umrotin, Umrotin (2023) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN ANTARA PESERTA DIDIK LULUSAN SMP DAN MTS DI MADRASAH ALIYAH AL-BAROKAH PURWANTORO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
![UMROTIN_compressed.pdf [thumbnail of UMROTIN_compressed.pdf]](https://repo.iairm-ngabar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
UMROTIN_compressed.pdf
Download (1MB)
Abstract
Umrotin. Studi Komparasi Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Antara Peserta Didik
Lulusan SMP Dan MTs Di Madrasah Aliyah Al-Barokah Purwantoro Tahun
Pelajaran 2022/2023. Skripsi. 2023. Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujaidin Pondok
Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Dr. Imam Rohani,
M.Pd.I, Iin Supriyanti, M.Pd.I
Kata Kunci: Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an, Peserta Didik Lulusan SMP dan
MTs
Latar belakang peserta didik dianggap penting karena dapat menunjukkan
ada tidaknya perbedaan dalam ranah penguasaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA)
peserta didik antara latar belakang SMP dan MTs. Dikatakan penting karena banyak
orang yang beragumen secara kasat mata bahwa peserta yang berlatar belakang
MTs lebih memiliki penguasaan BTA yang lebih baik dari pada yang berlatar
belakang SMP, tetapi semua itu tidak menutup kemungkinan bahwa peserta didik
dari SMP memiliki penguasaan BTA yang lebih bagus juga.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan baca tulis al
qur'an peserta didik lulusan SMP di Madrasah Aliyah Al-Barokah Purwantoro, 2)
Mengetahui kemampuan baca tulis al-qur’an peserta didik lulusan MTs di
Madrasah Aliyah Al-Barokah Purwantoro, 3) Mengetahui perbandingan
kemampuan baca tulis al-qur'an peserta didik lulusan SMP dan MTs di Madrasah
Aliyah Al-Barokah Purwantoro tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Kemampuan Baca Tulis Al
Qur’an Peserta Didik Lulusan SMP di MA Al-Barokah Purwantoro yaitu, 3
dinyatakan kurang mampu, 11 dinyatakan mampu, dan 11 lainnya dinyatakan
sangat mampu. Berdasarkan hasil skor terendah yaitu 23 dan skor tertinggi 56,
dengan hasil rata-rata kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik lulusan SMP
di MA Al-Barokah Purwantoro sebesar 42.8 dan dinyatakan mampu. 2)
Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik Lulusan MTs di MA Al-Barokah
Purwantoro, yaitu, 15 dinyatakan mampu dan 10 lainnya dinyatakan sangat mampu.
Berdasarkan hasil skor diperoleh hasil skor terendah 36 dan skor tertinggi 57, maka
dapat diambil rata-rata kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik lulusan MTs
di MA Al-Barokah Purwantoro sebesar 44,76 dan dapat dinyatakan mampu. 3)
Berdasarkan pengujian t-test dapat diketahui bahwa t-hitung lebih kecil dari pada t
tabel pada taraf signifikansi 5%. Dengan perbandingan t-hitung < t-tabel diperoleh
0,936 < 2,008 dapat dinyatakan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga
hipotesis yang diterima berbunyi tidak ada perbedaan yang signifikan antara
kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik lulusan SMP dan MTs di MA Al
Barokah Purwantoro tahun pelajaran 2022/2023. Dari hasil wawancara diperoleh
bahwa ada perbedaan antara lulusan SMP dan MTs dengan metode qiro’ah
sami’yah dan imlak namun hanya sedikit, dan perbedaan selebihnya dipengaruhi
oleh faktor lain. Dapat disimpulkan berdasarkan perhitungan perbedaannya 1,8%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
Date Deposited: | 05 May 2025 08:51 |
Last Modified: | 09 May 2025 07:38 |
URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/76 |