IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIKIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN NISA’IYYAH MELALUI KITAB BIDAYATUL MUJTAHID SANTRI KELAS VI TARBIYATUL MU’ALLIMAT AL ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

PURNAMA, TAZKIA LAILA (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIKIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN NISA’IYYAH MELALUI KITAB BIDAYATUL MUJTAHID SANTRI KELAS VI TARBIYATUL MU’ALLIMAT AL ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of TAZKIA LAILA_compressed.pdf] Text
TAZKIA LAILA_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Purnama Laila, Tazkia. Implementasi Pembelajaran Fikih dalam Meningkatkan
Pemahaman Nisa‟iyyah melalui Kitab Bidayatul Mujtahid Santri Kelas VI
Tarbiyatul Mu‟allimat Al-Islamiyah Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar
Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. 2023. Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok
Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Drs. KH. Moh. Ihsan,
M.Ag., Ririn Nuraini, M.Pd.
Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran Fikih, Pemahaman Nisa‟iyyah, Kitab Bidayatul
Mujtahid.
Pada pelaksanaan pembelajaran fikih dalam meningkatkan pemahaman nisa‟iyyah
melalui kitab Bidayatul Mujtahid pada bab ghuslun membahas tentang perbandingan
madzhab dari massail fikhiyyah Nisa‟iyyah yang berhubungan dengan haidh, istihadhah,
dan nifas. Permasalahannya santri putri kurang memahami terkait permasalahan haid,
istihadoh, dan nifas, serta kurang mampu membedakan atau membandingkan dan mencari
alasan pendapat dari ulama yang satu dengan ulama yang lain. Disamping itu juga
kurangnya membaca buku-buku yang berhubungan dengan Nisa‟iyyah dan metode yang
digunakan untuk melaksanakan pembelajaran fikih melalui kitab Bidayatul Mujtahid
yang kurang variatif.
Tujuan dari penelitian ini untuk Mengetahui bagaimana implementasi
pembelajaran fikih dalam meningkatkan pemahaman Nisa‟iyyah melalui kitab Bidayatul
Mujtahid santri kelas VI Tarbiyatul Mu‟allimat Al-Islamiyah. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan
pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan informasi mengenai gejala yang ada
yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian itu dilakukan dan
bertujuan untuk memahami suatu peristiwa yang dialami dari subjek penelitian
seperti perilaku, kognisi, motivasi, tindakan dan lainnya.
Implementasi pembelajaran fikih dalam meningkatkan pemahaman Nisa‟iyyah
melalui kitab Bidayatul Mujtahid santri kelas VI Tarbiyatul Mu‟allimat Al-Islamiyah
seperti memberikan mufrodat, menjelaskan materi dengan metode ceramah, dan
meberikan pertanyaan dengan metode Tanya jawab. pengembangan pelaksanaan
pembelajaran fikih secara tekstual dan kontekstual bisa mengembangkan keterampilan
membaca kitab Bidayatul Mujtahid dan kitab-kitab lain yang berbahasa Arab.ada
beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran trersebut yaitu santri sulit untuk
memahami materi yang disampaikan secara maksimal; kurangnya kemampuan santri
membedakan antara pendapat, alasan dari para ulama; pendukungnya adanya pengecekan
dan kajian-kajian untuk menguatkan pembelajaran fikih dan pengembangannya, serta
ta‟hil bagi guru dan pengampu materi fikih untuk musyawarah terkait permasalahan yang
dialami di kelas antar guru pengajar fikih

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 05 May 2025 08:45
Last Modified: 14 May 2025 09:31
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item
View Item