PENGARUH TINGKAT SENSE OF SCHOOL BELONGING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK YANG BERASAL DARI LUAR JAWA (Studi Kasus Kelas X Madrasah Aliyah Wali Songo Putri Tahun Pelajaran 2022-2023)

Saodah, Siti (2023) PENGARUH TINGKAT SENSE OF SCHOOL BELONGING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK YANG BERASAL DARI LUAR JAWA (Studi Kasus Kelas X Madrasah Aliyah Wali Songo Putri Tahun Pelajaran 2022-2023). Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of SITI SAODAH_compressed.pdf] Text
SITI SAODAH_compressed.pdf

Download (800kB)

Abstract

Saodah,Siti. Pengaruh Tingkat Sense Of School Belonging Terhadap Prestasi
Belajar Peserta Didik yang Berasal dari Luar Jawa (Studi Kasus kelas X
Madrasah Aliyah Wali Songo Putri Tahun Pelajaran 2022-2023).Skripsi.
2023. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut
Agama Islam Riyadhlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo
Ngabar Ponorogo, pembimbing: Drs.Alwi Mudhofar M.Pd.I, Ratna Utami
Nur Ajizah M.Pd.
Kata kunci: sense of school belonging, prestasi belajar
Pengaruh antara tingkat sense of school belonging dengan prestasi belajar
peserta didik yang dimaksud dalam penelitian ini adalah sejauh mana variabel
sense of school belonging memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar peserta
didik. Peserta didik dengan tingkat sense of school belonging yang baik memiliki
motivasi belajar yang tinggi dalam mencapai kesuksesan dalam bidang akademik,
hal ini ditandai dengan adanya usaha sungguh-sungguh untuk meraih prestasi
seperti mengerjakan pekerjaan rumah dan tugas, berpartisipasi aktif di kelas, serta
belajar dan menyiapkan diri dengan baik ketika ujian, untuk membuktikan hal
tersebut peneliti membuat penelitian yang berkaitan dengan pengaruh sense of
school belonging terhadap prestasi belajar peserta didik yang berasal dari luar
jawa.
Penelitian ini bertujuan untuk yaitu, Pertama, untuk mengetahui
bagaimana tingkat sense of school belonging peserta didik yang berasal dari luar
jawa kelas X Madrasah Aliyah Wali Songo Putri tahun Pelajaran 2022-2023.
kedua, untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar peserta didik yang berasal
dari luar jawa kelas X Madrasah Aliyah Wali Songo Putri tahun Pelajaran 2022
2023. Ketiga,untuk mengetahui bagaimana pengaruh tingkat sense of school
belonging terhadap prestasi belajar peserta didik di kelas X Madrsah Aliyah Wali
Songo Putri tahun Pelajaran 2022-2023.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Pertama, terdapat 7 (17,5%)
peserta didik dengan tingkat sense of school belonging kategori Tinggi, 29 (72,5
%) peserta didik dalam tingkat sense of school belonging kategori sedang dan 4
(10%) peserta didik dengan tingkat sense of school belonging kategori rendah.
Kedua,diketahui bahwa terdapat 6 (15%) peserta didik dengan prestasi belajar
kategori Tinggi, 27 (67,5%) prestasi belajar peserta didik kategori sedang dan 7
(17,5%) peserta didik dengan prestasi belajar kategori rendah. Ketiga,terdapat
pengaruh yang signifikan, diketahui bahwa data menunjukkan koefisien regresi
yaitu 2,513 dan t-tabel 2,002 dengan signifikansi 0,016<0,05, maka hal tersebut
menunjukkan bahwa uji hipotesis menyatakan ada pengaruh antara tingkat sense
of school belonging dengan prestasi belajar peserta didik. Dalam table model
summary pada analisis regresi linier sederhana, sense of school belonging
memberikan pengaruh sebesar 14 % terhadap prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 05 May 2025 08:41
Last Modified: 16 May 2025 07:37
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item
View Item