Pengaruh Model Pembelajaran Round club Pada Mata Pelajaran Fikih Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 8 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 PonorogoTahun Pelajaran 2022 2023

RIFA’I, MOH. ALFIAN (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Round club Pada Mata Pelajaran Fikih Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 8 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 PonorogoTahun Pelajaran 2022 2023. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of MOH. ALFIAN RIFA'I_compressed.pdf] Text
MOH. ALFIAN RIFA'I_compressed.pdf

Download (800kB)

Abstract

Rifa’i, Moh. Alfian. Pengaruh Model Pembelajaran Round club Pada Mata
Pelajaran Fikih Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 PonorogoTahun Pelajaran 2022-2023.
Skripsi. 2023. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren
Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing 1: Siti Musarofah, M.Fil.I,
Pembimbing II : Iin Supriyanti, M.Pd.I.
Kata Kunci: pembelajaran round club, motivasi belajar
Motivasi belajar merupakan hal paling penting diperlukan dalam
pembelajaran. Rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas VIII MTs
Negeri 5 Ponorogoyang dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran
yang kurang mendukung keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengethaui penerapan model
pembelajaran round club pada mata pelajaran fikih terhadap motivasi belajar
peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Negeri 5
Ponorogodan 2. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran round club
pada mata pelajaran fikih terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Negeri 5 Ponorogo.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs
Negeri 5 Ponorogoterdiri dari tiga kelas, sampel penelitian ini adalah kelas
VIII A sebagai kelas kontrol yang bejumlah 31 peserta didik dan kelas VIII C
sebagai kelas eksperimen yang bejumlah 30 peserta didik. Motivasi peserta
didik diukur dengan tes berbentuk angket soal berjumlah 22 pertanyaan yang
telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil analisis normalitas dan
homogenitas diperoleh kesimpulan ada pengaruh model pembelajaran round
club terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII MTs Negeri 5
Ponorogodibuktikan dengan diperolehnya F hitung sebesar 30.497 > F tabel
sebesar 3,153 dan untuk R Square sebesar 0.289 yang mengandung pengertian
bahwa antara variabel bebas dan variabel terikat memiliki pengaruh sebesar
28,9%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 05 May 2025 08:01
Last Modified: 09 May 2025 07:26
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item
View Item