INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH WALI SONGO PUTRI NGABAR SIMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Khasanah, Miftahul (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH WALI SONGO PUTRI NGABAR SIMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of MIFTAHUL KHASANAH_compressed.pdf] Text
MIFTAHUL KHASANAH_compressed.pdf

Download (705kB)

Abstract

Khasanah, Miftahul. Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Sebagai Upaya
Pencegahan Perilaku Bullying pada Peserta Didik Kelas VIII di Madrasah
Tsanawiyah Wali Songo Putri Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran
2022/2023. Skripsi. 2023. Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok
Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Drs. Moh. Ihsan,
M. Ag., Ratna Utami Nur Ajizah, M. Pd.
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-nilai Pendidikan Islam, Perilaku Bullying
Penanaman nilai-nilai Pendidikan islam kepada peserta didik itu sangat
penting, terutama dalam upaya pencegahan perilaku bullying, karena mereka masih
menganggap bullying hanya hal yang wajar dan sering sekali dilakukan tanpa sadar
bahwa itu menyakiti dan berdampak pada psikologis temannya. Di Pondok
Pesantren Wali Songo Putri ini juga ditemukan beberapa perilaku bullying seperti
santri yang saling mengejek, memanggil temannya dengan julukan atau nama orang
tua, mengucilkan dan mendiamkan temannya sendiri, mengambil atau
menggunakan barang tanpa izin, menyebar gosip temannya sendiri sehingga
menimbulkan kebencian dan masih banyak yang lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses internalisasi nilai-nilai
Pendidikan Islam pada peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Wali
Songo putri Ngabar Siman Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023, 2) mengetahui
bagaimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam sebagai upaya pencegahan
perilaku bullying pada peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Wali
Songo putri Ngabar Siman Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Proses internalisasi nilai-nilai
Pendidikan islam pada peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Wali
Songo Putri yaitu dengan cara menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang kepada
sesama, saling menghargai dan menghormati, saling peduli dan saling membantu
sesama dan memiliki akhlak dan adab yang baik, 2) Internalisasi nilai-nilai
Pendidikan islam sebagai upaya pencegahan perilaku bullying pada peserta didik
kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Wali Songo Putri yaitu dengan cara
mengadakan sosialisasi dan shering dengan peserta didik, memberikan peringatan
dan nasehat yang baik, memberikan pendampingan-pendampingan khusus, dan
memberikan contoh dan teladan yang baik pula.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 05 May 2025 07:57
Last Modified: 14 May 2025 10:05
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item
View Item