KHOIRUNISA, IFA (2023) STRAREGI GURU AL-QUR’AN DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH AL ISLAM JORESAN PONOROGO TAHUN PELAJARSAN 2022/2023. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
![IFA KHOIRUNISA_compressed.pdf [thumbnail of IFA KHOIRUNISA_compressed.pdf]](https://repo.iairm-ngabar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IFA KHOIRUNISA_compressed.pdf
Download (585kB)
Abstract
Khoirunisa, Ifa. Strategi Guru Al-Qur’an dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an
Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Islam Joresan Ponorogo Tahun Pelajaran
2022/2023. Skripsi. 2023. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponororgo,
Pembimbing: Syahrudin, M.Pd.I., Ratna Utami Nur Ajizah, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi, strategi guru, Kesulitan membaca Al-Qur’an
Di Pondok Pesantren Al Islam Joresan Ponorogo membaca Al-Qur’an bukan
menjadi syarat dalam penerimaan peserta didik tetapi menjadi penempatan kelas. Hal ini
menjadi tantangan tersendiri bagi guru Al-Qur’an agar semua perserta didik bisa membaca
Al-Qur’an dengan lancar.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Bagaimana Strategi Guru Al-Qur’an
dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta Kelas VII MTs Al-Islam Joresan
Ponorogo, 2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung Strategi Guru Al-Qur’an
dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Islam
Joresan Ponororgo, 3) mengetahui Bagaimana dampak Strategi Guru Al-Qur’an dalam
Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Islam Joresan
Ponorogo.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Stategi yang digunakan guru Al
Qur’an dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di MTs Al-Islam
Joresan ponororgo adalah: a) mengenali karakter siswa, 2) memilih metode yang tepat, 3)
memeiliki standar pencapaian, 2) terdapat beberapa faktor penghambat dan pendukung.
Faktor penghambatnya adalah fasilitas yang kurang memadai, kurangnya minat dalam
belajar, kurangnya dorongan orang tua dalam belajar, dan kurangnya kepercayaan diri
dalam siswa, Sedangkan Faktor Pendukungnya yaitu motivasi siswa yang baik dalam
belajar, dukungna dari kepala sekolah, dan dukungan orang tua, 3) dampak dari Stategi
yang digunakan guru Al-Qur’an dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa
kelas VII di MTs Al-Islam Joresan ponororgo adalah: siswa memiliki kedekatan dengan
gurunya, menarik perhatian siswa, dan menumbuhkan semangat siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
Date Deposited: | 05 May 2025 07:49 |
Last Modified: | 09 May 2025 07:32 |
URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/67 |