Haedaroh, Hena (2023) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN MENGAJAR PENDIDIK DALAM MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
![HENA HAEDAROH_compressed.pdf [thumbnail of HENA HAEDAROH_compressed.pdf]](https://repo.iairm-ngabar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HENA HAEDAROH_compressed.pdf
Download (857kB)
Abstract
Haedaroh, Hena. Implementasi Keterampilan Mengajar Pendidik Dalam Motivasi
Belajar Akidah Akhlak Peserta didik Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negri 4
Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi.2023. Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin
Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Drs. Moh. Ihsan,
M.Ag., Iin Supriyanti, M.Pd.I
Kata Kunci: implementasi, keterampilan mengajar, motivasi belajar
Seorang pendidik harus memiliki keterampilan dalam mengajar, karena
keterampilan mengajar inilah yang akan mebantu dalam pencapaian tujuan. Oleh
karena itu Motivasi dalam pembelajaran berperan penting bagi kesuksesan belajar
sebab jika tidak adanya motivasi yang melekat dibenak peserta didik maka akan sulit
untuk mewujudkan segala tindakan kearah tujuan pembelajaran.
Berdasarkan data yang dibutuhkan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif.
Penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat
postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alami, sebagai
lawannya adalah eksperimen, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci
pengambilan sempel sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik
pengumpulan dengan triangulasi (gabungan).
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui keterampilan mengajar
pendidik Akidah Akhlak pada peserta didik kelas VII, (2) Untuk mengetahui motivasi
belajar pada peserta didik kelas VII, (3) Untuk mengetahui implementasi keterampilan
mengajar pendidik Akidah Akhlak terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VII di
Madrasah Tsanawiyah Negri 4 Ponorogo Tahun Pelajaran 2022-2023.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Pendidik akidah akhlak di
Madrasah Tsanawiyah Negri 4 Ponorogo sudah menerapkan delapan aspek
keterampilan mengajar bagi pendidik dengan baik, seperti: keterampilan membuka dan
menutup pembelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya,
keterampilan mengunakan variasi, keterampilan memberi penguatan, keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan, keterampilan mengolah kelas, serta yang
terakhir yaitu keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, (2) Peserta didik
kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negri 4 Ponorogo memiliki beberapa bentuk
motivasi belajar seperti: Adanya dorongan dan kebutuhan belajar, adanya kegiatan
yang menarik dalam belajar, adanya hasrat dan keinginan peserta didik untuk berhasil,
adanya reawerd atau penghargaan, adanya lingkungan belajar dan pengaruh teman
sebaya, penanaman karakter peserta didik., (3) Adapun implementasi keterampilan
mengajar pendidik akidah akhlak memberi respon terhadap motivasi belajar peserta
didik di kelas VII MTsN 4 Ponorogo yang mana terbukti dari nilai, sikap, serta
keaktifan Peserta didik selama mengikuti pelajaran akidah akhlak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
Date Deposited: | 02 May 2025 08:20 |
Last Modified: | 14 May 2025 09:19 |
URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/65 |