Widiandari, Helma (2023) UPAYA GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
![HELMA W_compressed.pdf [thumbnail of HELMA W_compressed.pdf]](https://repo.iairm-ngabar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HELMA W_compressed.pdf
Download (714kB)
Abstract
Widiandari, Helma. Upaya Guru Fikih dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas
VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi.
2023. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam
Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Irfan
Jauhari, M.Pd.I., Ririn Nuraini, M.Pd.
Kata Kunci: Upaya Guru Fikih, Prestasi Belajar
Mutu pembelajaran salah satunya ditentukan oleh baik atau tidaknya prestasi belajar
peserta didik. Upaya dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik sangat penting dilakukan.
Karena prestasi belajar merupakan salah satu bentuk kualitas dari suatu madrasah. Oleh karena itu,
peningkatan prestasi belajar peserta didik hendaknya selalu diupayakan oleh semua pihak madrasah
agar dapat membentuk peserta didik yang unggul dan kualitasnya semakin meningkat. Berkaitan
dengan prestasi belajar mata pelajaran fikih di kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5
Ponorogo ditemukan bahwa masih perlu adanya peningkatan. Oleh karena itu, guru fikih melakukan
beberapa upaya agar prestasi belajar peserta didik dapat meningkat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian lapangan
(field reserch). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipasi, wawancara tidak
terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif menurut
Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prestasi belajar peserta didik kelas VIII di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ponorogo, 2) mengetahui upaya guru fikih dalam meningkatkan
prestasi belajar peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ponorogo, 3) mengetahui
faktor pendukung dan penghambat upaya guru fikih dalam meningkatkan prestasi belajar peserta
didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ponorogo.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) prestasi belajar peserta didik kelas VIII di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023 pada mata pelajaran fikih
dapat dikatakan meningkat. Dilihat dari nilai akademiknya terdapat peningkatan sebanyak 90%,
terbukti dengan nilai rapor yang dilampirkan. Dan dari segi prakteknya, 70% peserta didik yang
sudah dapat menerapkan amalan yang berkaitan dengan pelajaran fikih seperti mengaji, shalat
dhuha, dan shalat wajib, 2) upaya guru fikih dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas
VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah melalui dua
cara: pertama, guru fikih berupaya untuk meningkatkan kompetensinya dengan mengikuti seminar,
workshop atau pelatihan berkaitan dengan metode dan strategi pembelajaran, media pembelajaran,
pengelolaan kelas dan lainnya baik secara online maupun offline. Kedua, guru fikih berupaya
meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih dengan memberikan motivasi
baik dalam bentuk kata-kata ataupun mengikut sertakan beberapa peserta didik pada perlombaan di
luar ataupun di dalam madrasah dan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sesuai
dengan materi pembelajaran seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan permainan kartu.
Selain itu, guru fikih melakukan upaya dengan membangun komunikasi yang efektif kepada peserta
didik dan orang tua, 3) faktor pendukung upaya guru fikih dalam meningkatkan prestasi belajar
peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023
adalah kesediaan dari orang tua untuk ikut serta mengawasi anaknya ketika di rumah, berkaitan
dengan pengamalan-pengamalan materi pada mata pelajaran fikih, motivasi dari guru, lingkungan
keluarga dan madrasah yang mendukung, serta teman sebaya atau teman sekolah yang baik.
Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran dari peserta didik itu sendiri, serta
sarana dan prasarana yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
Date Deposited: | 02 May 2025 08:17 |
Last Modified: | 09 May 2025 07:52 |
URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/64 |