IMPLEMENTASI NILAI KEMANDIRIAN DAN UKHUWAH ISLAMIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Kasus Peserta Didik Kelas IX Madrasah Tsanawiyah “Wali Songo” Putri Ngabar Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023)

Arief, Fidella Alivia Wahyuning (2023) IMPLEMENTASI NILAI KEMANDIRIAN DAN UKHUWAH ISLAMIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Kasus Peserta Didik Kelas IX Madrasah Tsanawiyah “Wali Songo” Putri Ngabar Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023). Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of FIDELLA ALIVIA_compressed.pdf] Text
FIDELLA ALIVIA_compressed.pdf

Download (619kB)

Abstract

Arief, Fidella Alivia Wahyuning. Implementasi Nilai Kemandirian dan Ukhuwah
Islamiyah dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Kasus Peserta
Didik Kelas IX Madrasah Tsanawiyah "Wali Songo” Putri Ngabar
Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023). Skripsi. 2023. Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam
Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo,
Pembimbing: Dr. Imam Rohani, M.Pd.I., Nurul Muttaqin, M.Pd.I.
Kata Kunci: Nilai kemandirian, Ukhuwah Islamiyah, Pembentukan Karakter
Pendidikan pesantren merupakan pendidikan yang memiliki ciri khas yang
unik dan berbeda dari pendidikan yang lainnya. Penerapan pendidikan pesantren
dengan mengimplementasikan nilai kemandirian dan Ukhuwah Islamiyah dalam
pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah “Wali Songo”
Ngabar Ponorogo yang menggunakan dua sistem pendidikan yaitu sistem madrasah
dan pesantren memiliki beberapa metode dalam pembentukan karakter peserta
didik yaitu: melalui pembiasaan, keteladanan, pembimbingan, reward and
punishment.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan dan menganalisis
implementasi nilai kemandirian dan Ukhuwah Islamiyah dalam pembentukan
karakter peserta didik kelas IX Madrasah Tsanawiyah “Wali Songo” Putri Ngabar
Ponorogo, 2) mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan
penghambat implementasi nilai kemandirian dan Ukhuwah Islamiyah dalam
pembentukan karakter peserta didik kelas IX Madrasah Tsanawiyah “Wali Songo”
Putri Ngabar Ponorogo, 3) mendeskripsikan dan menganalisis dampak
implementasi nilai kemandirian dan Ukhuwah Islamiyah dalam pembentukan
karakter peserta didik kelas IX Madrasah Tsanawiyah “Wali Songo” Putri Ngabar
Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif
dengan jenis penelitian studi kasus, sumber data yang digunakan adalah sumber
data primer dan sekunder, metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) implementasi nilai
kemandirian dan ukhuwah islamiyah dalam pembentukan karakter peserta didik
kelas IX adalah dengan beberapa metode yaitu: pembiasaan, keteladanan,
pembimbingan, reward and punishment. 2) Faktor pendukung: a) kesadaran peserta
didik, b) lingkungan sekolah yang mendukung, c) sarana prasarana yang memadai,
d) kurikulum yang terus dikembangkan secara berkala, e) guru yang unggul dan
berkompeten, f) peran orang tua. Faktor penghambat: a) faktor internal peserta
didik, b) pengaruh teman sejawat, c) orang tua yang kurang mendukung. 3) Dampak
implementasi nilai kemandirian dan ukhuwah islamiyah antara lain bahwa peserta
didik memiliki akhlak karimah, jiwa kepemimpinan, amanah dan tanggungjawab,
terciptanya tali persaudaraan, dan berdedikasi tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 02 May 2025 08:10
Last Modified: 14 May 2025 09:30
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item
View Item