STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SIMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Wahyudi, Dedi (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SIMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of DEDY WAHYUDI_compressed.pdf] Text
DEDY WAHYUDI_compressed.pdf

Download (793kB)

Abstract

Wahyudi, Dedi. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siman
Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. 2023. Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren
Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Syahruddin S.Sos.I. M.Pd.I., Ririn
Nuraini, M.Pd.
Kata Kunci: strategi guru, Pendidikan Agama Iislam, Mutu pembelajaran.
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 1 Siman Ponorogo tahun ajaran 2022-2023, Untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siman Ponorogo 2022
2023,Untuk mengetahui dampak strategi guru guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 1 Siman Ponorogo 2022-2023.
Pendekatan yang digunakan peneliti dalam Penelitian ini adalah dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui rancangan studi kasus. Metode
pengumpulan data ini yang penulis gunakan berupa metode wawancara, dokumentasi, dan
observasi. Penelitian ini menggunakan tehnik analasis deskriptif kualitatif dan induktif,metode
deskriptif yaitu metode pembahasan yang berusaha mendeskriptifkan suatu peristiwa dan
kejadian yang terjadi pada saat penelitian.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat di sampaikan bahwa, strategi
yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siman Ponorogo adalah
menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan juga hafalan, ada beberapa faktor pendukung
dan penghambat dari strategi guru Pendidikan agama islam dalam meningkatkan mutu
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siman
Ponorogo. Adapun faktor pendukung guru yang berkualitas, sarana dan prasarana, dukungan
dari orangtua dan juga masyarakat, serta kesadaran dari peserta didik itu sendiri. faktor
penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran dalam belajar, lataer belakang siswa, tenaga
pendidik yang terbatas. adapun untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut telah di
upayakan solusi alternative yang memungkinkan telaksananya strategi yang digunakan guru
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam
di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siman Ponorogo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2025 10:17
Last Modified: 09 May 2025 07:36
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item
View Item