IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH WALI SONGO PUTRI

Rusdila, Anzalna Rahmah (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH WALI SONGO PUTRI. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of ANZALNA RAHMAH_compressed.pdf] Text
ANZALNA RAHMAH_compressed.pdf

Download (867kB)

Abstract

Rusdila, Anzalna Rahmah. Implementasi Model Pembelajaran Advance
Organizer dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di
Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Wali Songo Putri Ngabar
Ponorogo Tahun Pelajaran 2022-2023. Skripsi. 2023. Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam
Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar
Ponorogo, Pembimbing: Drs.Alwi Mudhofar, M.Pd.I.,Ririn
Nuraini,M.Pd
Kata Kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Advance Organizer,
Prestasi Belajar
Model pembelajaran aktif sepeerti model pembelajaran Advance
Organizer menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi prestasi
belajar peserta didik. karena penggunaan model pembelajaran Advance
Organizer ini bisa menjadi salah satu upaya pendidik dalam meningkatkan
prestasi belajar peserta didik. oleh karena itu, model pembelajaran
Advance Organizer ini, harus di terapakan secara optimal agar proses
pembelajaran berjalan dengan maksimal dan juga prestasi belajar dapat
dicapai.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi
model pembelajaran Advance Organizer peserta didik di kelas VIII
Madrasah Tsanawiyah Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo Tahun
Pelajaran 2022-2023, untuk mengetahui prestasi belajar di kelas VIII di
Madrasah Tsanawiyah Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo Tahun
Pelajaran
2022-2023,
untuk
mengetahui implementasi model
pembelajaran Advance Organizer dalam meningkatkan prestasi belajar
peserta didik di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Wali Songo Putri Ngabar
Ponorogo tahun pelajaran 2022-2023
Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu : pertama, terdapat
kesesuaian dengan teori model pembelajaran Advance Organizer menurut
Ausubel. Kedua, Prestasi belajar peserta didik di kelas VIII Madrasah
Tsanawiyah Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo masih perlu ditingkatkan
dari segi pemahaman dan penerapan materi pada perilaku peserta didik
sehari-hari peserta didik. Ketiga, Implementasi model pembelajaran
Advance Organizer dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di
kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo
berdampak positif dan efektif bagi peningkatan prestasi belajar peserta
didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2025 10:04
Last Modified: 14 May 2025 09:26
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item
View Item