STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI LEARNING LOSS PADA PESERTA DIDIK PASCA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 PONOROGO TAHUN AJARAN 2022-2023

Anjelina, Anjelina (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI LEARNING LOSS PADA PESERTA DIDIK PASCA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 PONOROGO TAHUN AJARAN 2022-2023. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of ANJELINA_compressed.pdf] Text
ANJELINA_compressed.pdf

Download (681kB)

Abstract

Anjelina. Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Learning Loss Pada Peserta Didik
Pasca Pandemi Covid-19 Di Mts Negeri 4 Ponorogo Tahun Ajaran
2022/2023 Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren
Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Siti Musarofah, M.Fil.I., Darul
Lailatul Qomariyah, M.Ag.
Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Learning Loss, Pandemi Covid-19.
Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat merupakan hal yang penting
dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan data yang dibutuhkan peneliti, maka
penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang
bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengolahan data yang berupa kata-kata,
gambaran umum yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan
teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui permasalahan
learning loss mata pelajaran PAI pada peserta didik pasca pandemi Covid-19 di
MTsN 4 Ponorogo tahun ajaran 2022-2023, (2) Untuk mengetahui strategi guru
PAI dalam mengatasi learning loss pada peserta didik pasca pandemi Covid-19 di
MTsN 4 Ponorogo tahun ajaran 2022-2023, (3) Untuk mengetahui kendala yang
dihadapi guru PAI dalam mengatasi learning loss pada peserta didik di MTsN 4
Ponorogo Tahun Ajaran 2022-2023.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Permasalahan learning
loss peserta didik kelas VII di MTsN 4 Ponorogo antara lain: menurunnya
motivasi dan semangat belajar peserta didik, pembelajaran masih minim karena
peserta didik belum menguasai materi yang diajarkan, serta kurangnya konsentrasi
belajar peserta didik ketika berada di kelas. (2) Strategi guru PAI dalam mengatasi
learning loss pada peserta didik pasca pandemi covid-19 kelas VII di MTsN 4
Ponorogo yaitu dengan menggunakan apersepsi untuk mengetahui kemampuan
dari peserta didik, kemudian merefresh dengan membuat peserta didik cinta
terhadap pembelajaran dan membuatnya nyaman sehingga dapat menambah
semangat belajarnya yang akan meningkatkan kualitas akdemisnya. Selanjutnya
guru menggunakan metode yang sesuai agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
(3) Kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengatasi learning loss pada peserta
didik pasca pandemi covid-19 kelas VII di MTsN 4 Ponorogo antara lain motivasi
belajar peserta didik menurun, peserta didik yang broken home, kurang mendapat
dukungan dari lingkungan sekitar, peserta didik yang tidak mentaati peraturan
akan mendapatkan hukuman, konsentrasi peserta didik pada proses pembelajaran,
kesopanan, kedisiplinan, dan semangat belajar peserta didik masih kurang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2025 09:59
Last Modified: 09 May 2025 07:34
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/59

Actions (login required)

View Item
View Item