PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA BARANG TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus di Ngabar Mart Swalayan) TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Farhana, Rilia Zahrotul (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA BARANG TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus di Ngabar Mart Swalayan) TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of SKRIPSI RILIA ZAHROTUL_compressed.pdf] Text
SKRIPSI RILIA ZAHROTUL_compressed.pdf

Download (697kB)

Abstract

Zahrotul Farhana, Rilia. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Barang
terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Ngabar Mart Swalayan).
Skripsi. 2023. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah,
Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren “Wali Songo”
Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Aang Yusril M, M.M, Okta Khusna Aisi,
M.Pd.I.
Kata Kunci: Pengaruh, Kualitas, Harga
Ngabar Mart Swalayan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. Tetapi
Ngabar Mart masih kurang maksimal memberikan pelayanan kepada konsumen,
seperti pelayanan ketika konsumen membutuhkan bantuan, harga yang tercantum
di rak barang tidak sesuai dengan harga scan barkout sehingga konsumen
merasakan kurangnya pelayanan yang baik dari Ngabar Mart Swalayan. Maka
dengan itu Ngabar Mart Swalayan perlu meningkatkan kinerja melalui pelayanan
prima.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan konsumen, 2) Menganalisis pengaruh harga barang terhadap
kepuasan konsumen, 3) Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga
barang terhadap kepuasan konsumen.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Kualitas pelayanan tidak
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen yang dibuktikan dengan nilai thitung <
ttabel atau 0,989 < 1,984 dengan signifikan 0,325 > 0,05., 2) Harga barang
berpengaruh negatif terhadap kepuasan konsumen yang dibuktikan dengan nilai
thitung > ttabel atau 4,804 > 1,984 dengan signifikan 0,000 < 0,05, 3) Kualitas
pelayanan dan harga barang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen
yang dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 13,803 > 3,938 dengan signifikan
0,000 < 0,05 dan dibantu dengan persentase pengaruh pelayanan dan harga barang
terhadap kepuasan konsumen sebesar 22,2%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2025 09:47
Last Modified: 16 May 2025 07:28
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item
View Item