PENGARUH WORD OF WOUTH, MARKETING MIX (PRODUK, HARGA, DAN SALURAN DISTRIBUSI) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI E-COMMERCE (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAI. Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo)

Hasanah, Siti Nurul (2023) PENGARUH WORD OF WOUTH, MARKETING MIX (PRODUK, HARGA, DAN SALURAN DISTRIBUSI) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI E-COMMERCE (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAI. Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo). Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of SKRIPSI SITI NURUL HASANAH_compressed.pdf] Text
SKRIPSI SITI NURUL HASANAH_compressed.pdf

Download (961kB)

Abstract

Siti Nurul Hasanah, 2023. Pengaruh Word of Mouth, Marketing Mix (Produk,
Harga, dan Saluran Distribusi) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui
E-Commerce (Studi Kasus Mahasiswa IAI. Riyadlotul Mujahidin Ngabar).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Keputusan
Pembelian Konsumen Melalui E-Commerce. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan analisis Regresi Linier
berganda untuk menganalisis data dan menguji hipotesis dengan menggunakan
SPSS versi 25. Penelitian ini memiliki satu variabel terikat (Y) yaitu, Keputusan
Pembelian Konsumen Melalui E-Commerce, dan dua variabel bebas yaitu pengaruh
Word of Mouth (X1) serta Pengaruh Marketing Mix (Produk, Harga, dan Saluran
Distribusi) (X2). Data diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada 60 responden
yaitu Mahasiswa IAI. Riydlotul Mujahidin Ngabar yang dipilih melalui teknik
random sampling dan diukur dengan skala Likert.
Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa secara
parsial (uji-t) variabel Pengaruh Word of Mouth (X1) berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen, terlihat pada nilai thitung > ttabel yaitu 7,683
> 2,0009 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, dan variabel Pengaruh
Marketing Mix (Produk, Harga, dan Saluran Distribusi) (X2
) secara parsial variabel
pengaruh marketing mix tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian konsumen, terlihat pada nilai thitung < ttabel yaitu -1,491 < 2,0009 dengan
tingkat signifikansi 0,141 > 0,05. Secara simultan (Uji F) dapat memprediksi bahwa
variabel atau secara bersamaan dapat memprediksi variabel Pengaruh Word of
Mouth dan pengaruh Marketing mix (Produk, Harga, dan Saluran Distribusi)
berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui E
Commerce, terlihat pada nilai Fhitung > Ftabel yaitu 36,186 > 4,003 dengan tingkat
signifikasi 0,000 < 0,05. Serta dari hasil uji koefisien determinasi (R2) besarnya
nilai Adjusted R-Square yaitu 0,544, yang mengandung pengertian bahwa
pengaruh variabel pengaruh word of mouth dan pengaruh marketing mix sebesar
54,4%. Adapun sisanya sebesar (100% - 54.4% = 45,6%) yang dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Word Of Mouth, Marketing Mix, Keputusan Pembelian Konsumen,
E-Commerce.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 02 May 2025 08:04
Last Modified: 16 May 2025 07:38
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item
View Item