IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN AKHLAK SISWA DI MTS NEGERI 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2021/2022

Lestari, Farida (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN AKHLAK SISWA DI MTS NEGERI 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar.

[thumbnail of SKRIPSI FARIDA LESTARI_compressed.pdf] Text
SKRIPSI FARIDA LESTARI_compressed.pdf

Download (634kB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kalam Allah swt yang diturunkan kepada Nabi
Muhammad saw. Fungsi utama Al-Qur’an yaitu sebagai hidayah (petunjuk) bagi
manusia, rahmat bagi alam semesta, pembeda antara yang hak dan yang bathil,
juga sebagai penjelas sesuatu, akhlak, moralitas, dan etika-etika yang dapat
diterapkan dalam kehidupannya. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk
menjaga dan memelihara kemurnian Al-Qur’an, yakni dengan cara menghafal.
Adapun manfaat yang diperoleh ketika menghafal Al-Qur’an yaitu manfaat
spiritual, artinya proses menghafal Al-Qur’an akan menciptakan rasa spiritual
yang tinggi sehingga keimanan dan ketaqwaan akan bertambah. Manfaat etika dan
akhlak, bahwasannya seorang yang menghafalkan Al-Qur’an mempunyai etika
dan akhlak yang bagus. Dengan demikian, melalui program tahfidz Al-Qur’an
diharapkan siswa memiliki kecerdasan spiritual dan akhlak yang baik. Begitupun
di MTs Negeri 1 Ponorogo untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan akhlak
siswa melaksanakan kegiatan tahfidz Al-Qur’an dengan metode muroja’ah,
sorogan, wahdah dan tasmi’.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui program tahfidz di MTs
Negeri 1 Ponorogo tahun ajaran 2021/2022, (2) Untuk mengetahui kecerdasan
spiritual dan akhlak siswa di MTs Negeri 1 Ponorogo tahun ajaran 2021/2022, (3)
Untuk mengetahui implementasi program tahfidz terhadap kecerdasan spiritual
dan akhlak siswa di MTs Negeri 1 Ponorogo tahun ajaran 2021/2022.
Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dengan
prosedur pengumpulan data menggunakan: observasi tidak berperan serta (non
participant observation), wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis yang
digunakan adalah analisis data model interaktif Miles dan Huberman, yang
meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data, penelitian ini
menghasilkan: (1) Pelaksanaan program tahfidz di MTs Negeri 1 Ponorogo setiap
hari senin, rabu dan jum’at. Adapun metode yang digunakan yaitu metode
muroja’ah, sorogan, wahdah dan tasmi’. (2) Kecerdasan spiritual dan akhlak siswa
di MTs Negeri 1 Ponorogo sudah baik, akan tetapi masih perlu ditingkatkan.
Karena sebagian siswa belum ada kesadarana dalam melaksanakan ibadah
misalnya sholat dhuhur berjama’ah, siswa masih harus diperintah terlebih dahulu.
(3) Program tahfidz Al-Qur’an berdampak positif terhadap kecerdasan spiritual
dan akhlak siswa, seperti meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan kedisiplinan
siswa serta tumbuhnya dalam diri siswa sifat sabar, jujur dan istiqomah
menambah maupun menjaga hafalannya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2025 09:11
Last Modified: 14 May 2025 09:36
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item
View Item