PERAN PEMBIMBING KAMAR DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI SD MUKIM DI SD ISLAM ARRISALAH SLAHUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MUZAKKI, AHMAD IQBAL SYARIFUL (2022) PERAN PEMBIMBING KAMAR DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI SD MUKIM DI SD ISLAM ARRISALAH SLAHUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar.

[thumbnail of SKRIPSI AHMAD IQBAL.pdf] Text
SKRIPSI AHMAD IQBAL.pdf

Download (872kB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Iqbal Syariful Muzakki, 2022. Peran Pembimbing Kamar Dalam Membentuk Akhlak Santri SD mukim di SD Islam Arrisalah Slahung Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo Jawa Timur. Santri SD mukim di SD Islam Arrisalah terdiri dari santri yang masih berusia anak-anak yang bermukim di pondok, mereka tinggal di asrama, jauh dari
orang tua. Oleh sebab itu, dibutuhkan peran pembimbing untuk membimbing dan mengawasi kegiatan mereka selama tinggal di asrama, agar kelak menjadi anak yang memiliki akhlak yang mulia. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembimbing kamar dalam membentuk akhlak santri SD mukim di SD Islam Arrisalah Slahung Ponorogo tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang berlokasi di SD Islam Arrisalah. Sumber datanya adalah ustadz pembimbing kamar, mudabbir (kakak pembimbing kamar), dan sebagian santri SD mukim. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, tahap pengambilan kesimpulan,
dan verifikasi. Serta menggunakan teknik perpanjangan kehadiran peneliti, dan meningkatkan ketekunan untuk menguji keabsahan data. Studi ini menghasilkan: (1) Peran pembimbing kamar dalam membentuk akhlak santri SD mukim di SD Islam Arrisalah yaitu memberikan keteladanan yang baik, dengan memberikan nasihat, menerapkan pembiasaan yang baik, dengan
menerapkan kegiatan yang baik, dan dengan memberikan hukuman. (2) Beberapa faktor pendukung dalam membentuk akhlak santri SD mukim di SD Islam Arrisalah yakni, adanya dorongan dan nasihat dari orang tua, pengetahuan anak tentang akhlak, dan lingkungan yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, Sifat dasar (bawaan) yang kurang baik, lingkungan yang kurang baik, pengaruh teman, dan faktor usia. (3) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa peran pembimbing kamar berhasil membentuk akhlak santri SD mukim di SD Islam Arrisalah berdasarkan perilaku yang ditunjukkan yakni, rajin mengerjakan salat lima waktu secara berjamaah ditambah dengan salat sunah dan membaca shalawat, selain itu santri SD mukim juga memiliki sikap sopan santun terhadap ustadznya dan kakak pembimbingnya.
Kata kunci: Pembimbing kamar, akhlak, santri SD mukim

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:59
Last Modified: 16 May 2025 07:50
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/23

Actions (login required)

View Item
View Item