SUSANTI, WIDYA (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 MLARAK PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar.
SKRIPSI WIDYA_compressed.pdf
Download (653kB)
Abstract
Susanti, Widya. Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Menumbuhkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2024/2025.
Skripsi. 2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo,
Pembimbing: Dr. Irfan Jauhari,M.Pd.I.
Kata Kunci: Implementasi, Cooperative Learning, Keterampilan Sosial
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan sosial peserta didik seperti kemampuan bekerja sama, berkomunikasi, dan toleransi, yang penting untuk perkembangan keterampilan sosial mereka pada pembelajaran PAI. Model Cooperative Learning dipilih karena menekankan interaksi positif, tanggung jawab individu, dan saling ketergantungan positif antar peserta didik dalam mencapai tujuan belajar. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis penelitian case study research (studi kasus) dan bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Mlarak Ponorogo. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Teknis analisis data dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
implementasi model pembelajaran Cooperative Learning secara signifikan meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran PAI. Pada model pembelajaran Cooperative Learning menunjukkan peningkatan yang lebih
tinggi dalam aspek kerja sama, komunikasi, dan toleransi, dan juga rasa percaya diri peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa model Cooperative Learning efektif dalam
menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan keterampilan sosial. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya mengimplementasikan model pembelajaran inovatif seperti Cooperative Learning dalam proses pembelajaran PAI
agar tidak hanya meningkatkan pemahaman materi, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial yang berguna bagi kehidupan peserta didik
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 08 Nov 2025 08:36 |
| Last Modified: | 08 Nov 2025 08:36 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/207 |
