BUDIONO, SYAHRI (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB IZZUL ADAB FII TARJAMATIL MATHLAB DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ADAB MENUNTUT ILMU PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs MA’ARIF MUNGGUNG PULUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
syahri budiono skripsi_compressed.pdf
Download (823kB)
Abstract
Budiono, Syahri. Implementasi Pembelajaran Kitab Izzul Adab Fii Tarjamatil Mathlab
dalam Meningkatkan Pemahaman Adab Menuntut Ilmu Peserta Didik Kelas
VIII MTs Ma’arif Munggung Pulung Ponorogo Tahun Pelajaran 2024/2025.
Skripsi. 2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah,
Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali
Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Darul Ma’arif, M.S.I.
Kata Kunci: Kitab Izzul Adab Fii Tarjamatil Mathlab, Pemahaman Menuntut Ilmu,
Pembelajaran, Siswa.
Adab merupakan bagian pendidikan yang sangat penting yang berkenaan
dalam aspek-aspek sikap dan nilai, baik individu ataupun berhubungan dengan
sosial masyarakat. Namun, dalam realitas pendidikan, masih ditemukan siswa
yang belum sepenuhnya memahami adab menuntut ilmu. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut, MTs Ma’arif Munggung Pulung Ponorogo menerapkan
pembelajaran kitab berbasis nilai-nilai adab melaui, kitab Izzul Adab Fii Tarjamatil
Mathlab. Kitab ini berisi syi’ir-syi’ir berbahasa jawa, yang memuat pesan moral dan
adab sehingga diharapkan mampu membentuk karakter siswa secara efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran
Kitab Izzul Adab Fii Tarjamatil Mathlab dalam meningkatkan pemahaman adab
menuntut ilmu peserta didik kelas VIII MTs Ma’arif Munggung Pulung Ponorogo. Fokus
kajian meliputi implementasi pembelajaran, adab siswa, serta dampak
implementasi pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman adab menuntut ilmu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi
langsung, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi
kegiatan pembelajaran. Data dianalisis melalui tahapan kondensasi data, penyajian
data,
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
implementasi pembelajaran Kitab Izzul Adab Fii Tarjamatil Mathlab berjalan dengan
baik. Dibuktikan dengan adanya pemahaman siswa terhadap pembelajaran
tersebut. Diantara budaya siswa dalam adab menuntut ilmu yaitu: a) sholat dhuha
dan pembacaan mahallul qiyam, b) berjabat tangan. c) Siswa lebih bertanggung
jawab terhadap diri sendiri serta lingkungan sekitar, d) Menjaga etika berbicara
dan berperilaku, e) Melaksanakan kewajiban dan disiplin. Adapun dampak
implementasi pembelajaran kitab ini siswa dapat mengetahui berbagai hal-hal
baik yang bisa diterapkan di masyarakat.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 08 Nov 2025 08:23 |
| Last Modified: | 08 Nov 2025 08:23 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/206 |
