Muasaroh, Ulil (2025) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
SKRIPSI_ULIL_MUASAROH[2] NEW_compressed.pdf
Download (840kB)
Abstract
ABSTRAK
Muasaroh, Ulil. Efektivitas Penerapan Metode Think Pair Share dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Kelas VII di Madrasah Tsanawaiyah Negeri 1 Ponorogo Tahun Pelajaran
2024/2025. Skripsi 2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren
Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing Ririn Nuraini, M.Pd.
Kata Kunci: Metode Think Pair Share, Motivasi Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan berkaitan dengan
kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo diantaranya adalah: siswa cepat merasa
bosan dengan metode pembelajaran yang monoton, penyampaian materi yang
kurang menarik dan beberapa faktor lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1
Ponorogo tahun pelajaran 2024/2025, 2) Mengetahui penerapan metode think pair
share pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 1 Ponorogo tahun pelajaran 2024/2025, 3) Mengetahui efektivitas metode
think pair share dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
Akidah Akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo tahun
pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dengan model interaktif dari Miles dan
Huberman, meliputi: reduksi data, display data, dan penarik kesimpulan.
Pengecekan keabsahan temuan menggunakan Triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
Akidah Akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo tahun
pelajaran 2024/2025 sebelum menggunakan metode think pair share masih
kurang dan perlu ditingkatkan lagi, 2) Penerapan metode think pair share pada
mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1
Ponorogo tahun pelajaran 2024/2025 ada beberapa langkah sebagai berikut:
Pertama, guru memberikan topik yang ingin dibahas. Kedua, guru membagi siswa
menjadi kelompok kecil. Ketiga, guru mempersilahkan siswa untuk berdiskusi
dan berbagi ide. Keempat, guru meminta perwakilan dari kelompok untuk
mempresentasikan hasil yang sudah didiskusikan. Kelima, guru menjelaskan
kepada siswa jika ada pertanyaan yang masih membutuhkan penguatan, 3)
Efektivitas metode think pair share dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1
Ponorogo terbukti efektif. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya semangat
belajar siswa, kemampuan berpikir kritis, rasa percaya diri siswa dan lebih aktif
dalam proses pembelajaran, serta mereka lebih tertarik dan mudah memahami
materi pada mata pelajaran Akidah Akhlak.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 09:01 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 09:01 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/205 |
