Alanshar, Ryan Harits (2025) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL MUJTAHIDIN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024-2025. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
Skripsi_Ryan Harits_compressed.pdf
Download (707kB)
Abstract
Alanshar, Ryan Harits. Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta
Didik pada Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah
Tsanawiyah Nurul Mujtahidin Ponorogo Tahun Pelajaran 2024-2025.
Skripsi. 2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah,
Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo
Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Ririn Nuraini, M.Pd.
Kata Kunci: Kejenuhan Belajar Peserta didik dan Strategi Pembelajaran Guru
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan berkaitan
dengan kejenuhan belajar peserta didik pada pembelajaran mata pelajaran Akidah
Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Nurul Mujtahidin Ponorogo diantaranya adalah:
strategi pembelajaran yang monoton, penyampaian materi yang kurang menarik,
dan beberapa faktor lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kejenuhan belajar peserta
didik pada pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah
Nurul Mujtahidin Ponorogo Tahun Pelajaran 2024-2025. (2) Untuk mengetahui
strategi guru pada pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah
Tsanawiyah Nurul Mujtahidin Ponorogo Tahun Pelajaran 2024-2025. (3) Untuk
mengetahui dampak strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik
di Madrasah Tsanawiyah Nurul Mujtahidin Ponorogo Tahun Pelajaran 2024-2025.
Penelitian ini mengambil pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan
Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Pengecekan keabsahan temuan menggunakan Triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kejenuhan belajar peserta didik pada
pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Nurul
Mujtahidin Ponorogo tahun pelajaran 2024-2025 ada pada tingkat sedang. Seperti
sulitnya berkonsentrasi, mengobrol sendiri, mengantuk, muncul rasa bosan dan
turunnya motivasi. (2) Strategi guru pada pembelajaran mata pelajaran Akidah
Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Nurul Mujtahidin Ponorogo tahun pelajaran 2024
2025 mencakup penggunaan strategi pembelajaran card short dan game based
learning. Guru juga menggunakan langkah-langkah dalam penggunaan metode
sehingga akan terjadinya suatu informasi yang sistematis, menekankan pada urutan
logis pada konsisten nya suatu pertanyaan.(3) Dampak strategi guru dalam
mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Nurul
Mujtahidin Ponorogo tahun pelajaran 2024-2025 adalah positif. Hal ini dapat
dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar, lebih fokus dalam belajar,
belajar meningkat dan lebih aktif dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 08:16 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 08:16 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/204 |
