PENERAPAN PROGRAM BINA BACA AL-QUR'AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PESERTA DIDIK KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUT THOLIBIN SAMPUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024-2025

Setiyawan, Riko (2025) PENERAPAN PROGRAM BINA BACA AL-QUR'AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PESERTA DIDIK KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUT THOLIBIN SAMPUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024-2025. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of SKRIPSI_RIKO_SETIYAWANN_compressed.pdf] Text
SKRIPSI_RIKO_SETIYAWANN_compressed.pdf

Download (788kB)

Abstract

Setiyawan, Riko. Penerapan Program Bina Baca Al-Qur'an Dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Al-Qur'an Peserta Didik Kelas VII Di Madrasah
Tsanawiyah Darut Tholibin Sampung Ponorogo Tahun Pelajaran 2024
2025.Skripsi.2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren
Walisongo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Siti Khusnul Faizah, M.Pd.
Kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar merupakan hal
penting yang harus dimiliki setiap peserta didik Muslim. Namun, kenyataannya
masih banyak siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darut Tholibin Sampung
Ponorogo yang belum mampu membaca Al-Qur’an secara tartil dan sesuai dengan
kaidah tajwid. Untuk menjawab tantangan ini, madrasah menerapkan Program Bina
Baca Al-Qur’an (BBQ) sebagai upaya sistematis dan terstruktur untuk
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik.
Penelitian ini bertujuan 1)Untuk mengetahui kemampuan membaca Al
Qur'an peserta didik kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darut Tholibin Sampung
Ponorogo Tahun Pelajaran 2024-2025. 2)Untuk mengetahui penerapan Program
Bina Baca Qur'an pada peserta didik kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darut
Tholibin Sampung Ponorogo Tahun Pelajaran 2024-2025. 3)Untuk mengetahui
dampak penerapan Program Bina Baca Al-Qur'an terhadap kemampuan membaca
Al-Qur'an peserta didik kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darut Tholibin
Sampung Ponorogo Tahun Pelajaran 2024-2025. Peneilitian ini menggunakan
metode kualitatif studi kasus,Teknik pengumpulan data meliputi observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan awal peserta didik
masih rendah, mayoritas belum mampu membaca huruf hijaiyah secara tepat,
terbata-bata saat membaca ayat, dan belum memahami kaidah tajwid dasar; (2)
program BBQ diterapkan dengan metode Utsmani, latihan (drill), dan bimbingan
individual yang intensif di luar jam pelajaran utama, serta adanya evaluasi secara
berkala; (3) program ini memberikan dampak positif yang signifikan, yaitu
meningkatnya kelancaran membaca, pemahaman dan penerapan hukum tajwid,
pelafalan makhraj huruf yang benar, bertambahnya minat belajar Al-Qur’an, serta
tumbuhnya rasa percaya diri siswa dalam membaca Al-Qur’an secara tartil baik di
kelas maupun di hadapan umum.
Kata Kunci: Bina Baca Al-Qur’an, Kemampuan Membaca, Penerapan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2025 09:40
Last Modified: 04 Nov 2025 09:40
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item
View Item