Maireta, Rela (2027) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB MABADI’ FIQHIYAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAB SHOLAT SANTRI KELAS I’DADIYAH MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHO AL-HUSEIN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL-ISHLAH KALISAT BUNGKAL PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
SKRIPSI_RELA_[1]_compressed.pdf
Download (974kB)
Abstract
Maireta, Rela. 2025. Implementasi Pembelajaran Kitab Mabadi’ Fiqhiyah dalam
Meningkatkan Pemahaman Bab Sholat Santri Kelas I’dadiyah Madrasah
Diniyah Takmiliyah Wustho Al-Husein Pondok Pesantren Salafiyah Al
Ishlah Kalisat Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2024/2025.Skripsi. 2025.
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama
Islam
Riyadlotul
Rohani,M.Pd.I
Mujahidin
Ponorogo,
Pembimbing:
Kata Kunci: Pembelajaran, kitab Mabadi’ Fiqhiyah, pemahaman santri
Dr.Imam
Pendidikan merupakan proses dinamis yang harus mengikuti perkembangan
zaman, termasuk dalam aspek spiritual. Dalam Islam, pendidikan agama memiliki
peran penting dalam membentuk pribadi yang berilmu dan bertakwa. Ilmu fikih,
khususnya tentang shalat, menjadi aspek utama dalam membina pemahaman
keagamaan santri. Kitab Mabadi’ Fiqhiyah digunakan sebagai rujukan utama dalam
pembelajaran tata cara ibadah yang benar di pondok pesantren. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus.
Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi dan member checking yang
melibatkan guru dan santri.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi pembelajaran
kitab Mabadi’ Fiqhiyah dalam meningkatkan pemahaman bab sholat santri kelas
I’dadiyah Madrasah DiniyahTakmiliyah Al-Husein Pondok Pesantren Salafiyah
Al-Ishlah Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2024-2025, 2) mengetahui faktor
pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran kitab Mabadi’ Fiqhiyah
dalam meningkatkan pemahaman bab sholat santri kelas I’dadiyah Madrasah
DiniyahTakmiliyah Al-Husein Pondok Pesantren Salafiyah Al-Ishlah Bungkal
Ponorogo tahun pelajaran 2024-2025 3) mengetahui dampak pembelajaran kitab
Mabadi’ Fiqhiyah dalam meningkatkan pemahaman bab sholat santri kelas
I’dadiyah Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho Al-Husein Pondok Pesantren
Salafiyah Al-Ishlah Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2024-2025.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi pembelajaran kitab
Mabadi’ Fiqhiyah terdapat tiga tahapan kegiatan pembelajaran yaitu, kegiatan awal
dengan penyampaian salam, do’a, dan absensi, kegiatan inti berupa pengulangan
materi, memaknai kitab, dan penjelasan, dan kegiatan akhir yaitu praktek, tanya
jawab, dan do’a penutup, 2) Faktor pendukung dalam pembelajaran ini meliputi
keaktifan santri, kompetensi guru, lingkungan belajar yang kondusif, serta
kebersamaan antar santri. Sementara itu, faktor penghambatnya antara lain
keterbatasan waktu pembelajaran, perbedaan kemampuan santri dalam memahami
kitab gundul, serta adanya santri yang kurang aktif atau bersifat pendiam,
vi
3) dampak pembelajaran kitab Mabadi’ Fiqhiyah bagi santri menunjukkan
perubahan yang positif dalam praktik ibadah yang lebih tertib dan benar seperti
sholat tepat waktu, sudah sesuai dengan ajaran yang terdapat dalam kitab mabadi’
fiqhiyah, sesuai dengan penjelasan dari ustadz dan juga lebih khusyu’ dalam
pelaksanaannya, meskipun masih terdapat perbedaan dalam tingkat pemahaman.
Pembelajaran kitab Mabadi’ Fiqhiyah terbukti efektif dalam membentuk dasar
keilmuan dan keterampilan ibadah bagi santri tingkat awal.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 09:10 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 09:10 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/200 |
