IHSANUDIN, ULIL HADI (2025) PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS KELAS VII MTS AL AZHAR CARANGREJO SAMPUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar.
SKRIPSI ULIL HADI IHSANUDIN_compressed.pdf
Download (643kB)
Abstract
Ihsanudin, Ulil Hadi. Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VII MTs A-Azhar Carangrejo Sampung Ponorogo Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi
Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Riyadhotul Mujahidin Walisongo Ngabar Ponorogo, Pembimbing Dr. Yuli Umro’atin, M.Pd.
Kata Kunci: Metode Drill, Prestasi Belajar.
Pemiliham metode pembelajaran harus memperhatikan faktor-faktor yang memperngaruhi metode pembelajaran, artinya dalam menentukan metode pembelajaran itu tepat, maka tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik. Salah satu metode yang digunakan pada pembelajaran al-Qur’an Hadis di kelas VII MTs Al-Azhar Carangrejo Sampung Ponorogo adalah metode drill. Metode drill mengandung arti latihan, pada umumnya metode ini digunakan untuk memperoleh suatu ketangkasan, ketepatan, keterampilan dari apa yang dipelajari. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan
pelaksanaan metode drill dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis kelas VII MTs Al-Azhar Carangrejo Sampung Ponorogo, mengetahui dan mendeskripsikan implikasi metode drill dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis kelas VII MTs Al-Azhar Carangrejo Sampung Ponorogo, dan mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode drill dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis kelas VII MTs Al-Azhar Carangrejo Sampung Ponorogo.
Hasil penelitian: 1) Pelaksanaan metode drill dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTs Al Azhar Carangrejo Sampung Ponorogo, dengan cara membaca, mengulang-ulang, dan menghafalkan materi pelajaran. Peserta didik bisa fokus pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis dan bisa menerapkannya dengan seksama secara terus menerus. Guru al-Qur’an Hadist mencontohkan dalam memahami materi. 2) Implikasi penerapan metode Drill dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis kelas VII MTs al-Azhar, yaitu guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdo’a bersama, menyapa,
memeriksa kehadiran, kerapian dan kesiapan belajar peserta didik. Guru memberikan motivasi dan melakukan apersepsi serta menyampaikan tujuan pembelajaran dengan menggunakan metode drill. Peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar khususnya penguasaan anak dalam ketrampilan dan
pengetahuan yang memerlukan pengulangan dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis.
3) Faktor penghambat pada penerapan metode drill yaitu guru tidak dapat mengontrolnya secara langsung, kegiatan pembelajaran melalui metode ini menimbulkan kebosanan kepada peserta didik. Faktor pendukung pada metode drill, media yang digunakan sangat sederhana, adanya motivasi belajar dan waktu pelaksanaan bisa di rumah yang bisa dikontrol oleh orang tua, jika di sekolah juga
sangat terkontrol oleh guru.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 09:12 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 09:12 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/199 |
