Suroto (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS AL-ISHLAH BUNGKAL TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
SKRIPSI IAIRM 2025; SUROTO_compressed.pdf
Download (1MB)
Abstract
Suroto. 2021620101048. 2025. Implementasi Strategi Pembelajaran Mind Mapping
dalam Meningkatkan Critical Thinking Peserta Didik pada Mata Pelajaran
Fiqih Kelas VIII di MTs Al-Ishlah Bungkal. Skripsi 2025. Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam
Riyadhotul Mujahidin Ngabar Ponorogo. Pembimbing: Drs Alwi
Mudhofar, M.Pd.I.
Kata Kunci: Critical Thinking, Mind Mapping, Pembelajaran Fiqih, Strategi
Pembelajaran, MTs Al-Ishlah Bungkal
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan critical thinking
peserta didik, implementasi strategi pembelajaran mind mapping, serta dampaknya
terhadap peningkatan kemampuan critical thinking dalam pembelajaran Fiqih kelas
VIII di MTs Al-Ishlah Bungkal. Permasalahan utama yang diangkat meliputi;
bagaimana kemampuan critical thinking peserta didik sebelum penerapan strategi
pembelajaran mind mapping, bagaimana implementasi strategi pembelajaran mind
mapping, serta bagaimana dampaknya terhadap peningkatan critical thinking peserta
didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkannya strategi
mind mapping, kemampuan berpikir kritis peserta didik masih tergolong rendah dan
belum berkembang secara optimal. Setelah strategi pembelajaran mind mapping
diimplementasikan, peserta didik menunjukkan peningkatan dalam kemampuan
memahami, menganalisis, dan menyimpulkan materi Fiqih secara lebih sistematis
dan logis.
Strategi pembelajaran mind mapping ini terbukti membantu siswa dalam
menghubungkan konsep-konsep materi Fiqih yang bersifat kompleks serta
mendorong keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian,
implementasi strategi pembelajaran mind mapping memberikan dampak positif
terhadap pengembangan critical thinking peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 07:54 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 07:54 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/191 |
