IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII A PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 MLARAK PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024/2025 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII A PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 MLARAK PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Bingatun, Siti Nur (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII A PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 MLARAK PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024/2025 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII A PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 MLARAK PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of SITI NUR BINGATUN_compressed.pdf] Text
SITI NUR BINGATUN_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bingatun, Nur, Siti. Implementasi Metode Pembelajaran Numbered Head
Together dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir
Kritis Peserta didik kelas VII A pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 kec. Mlarak
Ponorogo tahun pelajaran 2024/2025. Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut
Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren
Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Iin
Supriyanti M.Pd.I
Kata Kunci: Model pembelajaran Numbered Head Together, berfikir
kritis.
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keterampilan berfikir
kritis peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam, maka dari
itu penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi
model pembelajaran Numbered Head Together pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis
peserta didik kelas VII A di SMPN 1 Mlarak (2) untuk mengetahui
bagaimana keterampilan berfikir kritis peserta didik kelas VII A pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengetahui keterampilan berfikir
peserta didik di SMPN 1 Mlarak Ponorogo (3) Untuk mengetahui apa faktor
pendukung dan penghambat implementasi model pmbelajaran Numbered
Head Together pada mata pelajaran Pendidikan Agamai Islam untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi model
pmbelajaran Numbered Head Together di SMPN 1 Mlarak Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
qualitative naturalistic dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik
iv
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) implementasi model pembelajaran
Numbered Head Together (NHT) di SMPN 1 Mlarak dilaksanakan
dimasjid, sebelum pelajaran PAI dimulai seorang guru membagi kelompok
kecil yang terdiri dari 3 sampai 5, kemudian diberikan soal yang harus
dikerjakan dan membagiakn nomor yang berbeda-beda setiap anggota.
Selanjut ya sesi berdiskusi, setelah itu sesi presentasi dengan cara
pemanggilan nomor yang dibawa dengan acak oleh seorang guru (2)
keterampilan berfikir kritis peserta didik sudah mulai terbentuk dilihat dari
kemampuan peserta didik dalam menganalisis, mengevaluasi, dan
menyimpulkan yang benar dan yang salah (3) Faktor pendukung dari model
NHT ini yaitu kerja sama antara anggota kelompok dalam berdiskusi,
peserta didik menjadi aktif dalam pembelajara PAI, peserta didik
mempunyai percaya diri untuk menyampaikan pendapat didepan umum.
Sedangkan Hambatan dari penerapan model NHT adalah memerlukan
waktu yang cukup panjang dalam proses berdiskusi kelompok, ada
beberapan peserta didik yang kurang aktif dalam berdiskusi kelompok,
waktu pengerjaan kurang banyak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2025 09:19
Last Modified: 22 Oct 2025 09:19
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item
View Item