PEBRIANA, SITA (2025) IMPLIKASI FENOMENA SISTEM BELAJAR KEBUT SEMALAM TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER SANTRI KELAS V PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO TAHUN AJARAN 2024-2025. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
SITA PEBRIANA_compressed.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pebriana, Sita. (2021620101017), Implikasi Fenomena Sistem Belajar Kebut
Semalam Terhadap Pengembangan Karakter Santri Kelas V Pondok
Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo Tahun Ajaran 2024-2025,
Skripsi, 2025, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok
Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Darul
Lailatul Qomariah, M. Ag.
Kata Kunci: Fenomena Sistem Kebut Semalam, Belajar, Santri.
Belajar yang seharusnya menjadi kebutuhan pokok bagi setiap santri,
sekarang ini dianggap sebagai beban dan sebagian besar santri memilih untuk
belajar belajar semalam suntuk untuk menghadapi ujian di esok harinya.
Fenomena ini sering disebut sistem belajar kebut semalam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik fenomena belajar
system kebut semalam santri kelas V di Pondok Pesantren Wali Songo
Ngabar Siman Ponorogo tahun ajaran 2024-2025, untuk mengetahui faktor
penyebab terjadinya fenomena sisitem kebut semalam santri kelas V di
Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Siman Ponorogo tahun ajaran 2024
2025 dan untuk mengetahui implikasi sistem belajar kebut semalam terhadap
pengembangan karakter disiplin, tanggung jawab dan peduli santri kelas V di
Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Siman Ponorogo tahun ajaran 2024
2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
fenomenoligi kualitatif untuk menganalisis implikasi sistem belajar kebut
semalam terhadap karakter disiplin, tanggung jawab dan peduli santri.
peneliti bertindak sebagai instrumen utama dalam pemgumpulan data berupa
waancara observasi dan studi dokumen.
Hasil penelitian menunjukan fenomena sistem kebut semalam santri
kelas V di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Siman Ponorogo tahun
ajaran 2024-2025 dianggap sebagai solusi dari kesibukan dalam
kepengurusan dan bukti usaha santri dalam mempertahankan kewajibanya
sebagai pelajar, Faktor penyebab terjadinya fenomena sistem kebut semalam
santri kelas V di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Siman Ponorogo
tahun ajaran 2024-2025 diantaranya: banyaknya kegiatan pondok, tuntutan
tugas pondok berupa tugas pengurus keorganisasian maupun keasramaan,
kurangnya minat dan motivasi belajar santri, kesenangan santri dalam belajar
mepet ujian. Implikasi sistem belajar kebut semalam terhadap pengembangan
karakter santri kelas V di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Siman
Ponorogo tahun ajaran 2024-2025 meliputi karakter disiplin berupa
penundaan suatu pekerjaan dan pekerjaan yang tertumpuk besar
kemungkinanya tidak terselesaikan dengan baik, pada karakter Tanggung
jawab terdapat dua anggapan yaitu positif dan negatif, sedangkan pada
karakter Peduli mendapatkan dua penilaian yakni positif dan negatif.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:31 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:31 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/184 |
