INTERNALISASI NILAI TASAMUH SANTRI KELAS XI MADRASAH ALIYAH WALI SONGO PUTRA SIMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024-2025

Arramadoni, Salman Alfarizy (2025) INTERNALISASI NILAI TASAMUH SANTRI KELAS XI MADRASAH ALIYAH WALI SONGO PUTRA SIMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024-2025. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of SALMAN AL FARIZY ARRAMADONI_compressed.pdf] Text
SALMAN AL FARIZY ARRAMADONI_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Arramadoni, Salman alfarizy. Internalisasi Nilai Tasamuh Santri Kelas XI
Madrasah Aliyah Wali Songo Putra Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2024
2025. Skripsi. 2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren
Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Ririn Nuraini, M.Pd.
Kata Kunci: Internalisasi, nilai tasamuh.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keresahan peneliti terhadap kurangnya
nilai tasamuh terhadap peserta didik kelas XI, dengan ini diharapkan bisa menjadi
solusi dari permasalahan ini, Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui
internalisasi nilai tasamuh santri kelas XI Madrasah Aliyah Wali Songo Putra
Siman Ponorogo tahun pelajaran 2024-2025, 2) mengetahui faktor yang
mempengaruhi internalisasi nilai tasamuh santri kelas XI Madrasah Aliyah Wali
Songo Putra Siman Ponorogo tahun pelajaran 2024-2025, 3) mengetahui dampak
internalisasi nilai tasamuh santri kelas XI Madrasah Aliyah Wali Songo Putra
Siman Ponorogo tahun pelajaran 2024-2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dengan model interaktif dari Miles dan
Huberman, meliputi: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Internalisasi nilai tasamuh santri kelas XI
Madrasah Aliyah Wali Songo Putra Siman Ponorogo tahun pelajaran 2024-2025
dilakukan ketika proses pembelajaran dengan menjelaskan panca jiwa pondok
salah satunya adalah ukhuwah Islamiyah yang artinya saling menghormati saling
menghargai antar peserta didik, memberikan pemahaman tentang nilai-nilai
kemanusiaan yaitu dengan saling mengenal satu sama lain, menghargai pendapat
orang lain ketika musyawarah. Peserta didik diajarkan untuk bersikap toleran
karena mereka berasal dari daerah yang berbeda beraneka ragam suku, bahasa dan
budaya. 2) Faktor yang mempengaruhi proses internalisasi nilai tasamuh santri
kelas XI Madrasah Aliyah Wali Songo Putra Siman Ponorogo tahun pelajaran
2024-2025 dibagi menjadi dua faktor, yaitu faktor penghambat dan pendukung.
Faktor pendukung dalam internalisasi nilai tasamuh ialah guru sebagai role model
dalam arti guru sebagai contoh yang menunjukan perilaku toleran, dukungan
orang tua menghayati nilai tasamuh, lingkungan yang mendukung dalam
melakukan nilai ini. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya pemahaman
peserta didik terhadap nilai tasamuh dan juga lingkungan yang buruk menjadikan
pelaksanaan nilai tasamuh ini menjadi terhambat. 3)Dampak internalisasi nilai
tasamuh santri kelas XI Madrasah Aliyah Wali Songo Putra Siman Ponorogo
tahun pelajaran 2024-2025 memiliki rasa dengan meningkatnya kepercayaan diri,
rasa tanggung jawab, meningkatnya rasa kerjasama, solidaritas meningkat dan
mereka saling menghargai dan menghormati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:52
Last Modified: 22 Oct 2025 07:52
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item
View Item