RAHMAYANI, RISKA (2025) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI MTsN 3 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
RISKA RAHMAYANI_compressed.pdf
Download (1MB)
Abstract
Riska Rahmayani. 2025. implementasi nilai moderasi beragama pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam kelas VII di MTsN 3 Ponorogo Skripsi. Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul
Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Ratna
Utami Nur Ajizah, M.Pd
Lembaga Pendidikan merupakan salah satau alat strategis dan sangat tepat
menjadi “laboratorium moderasi beragama”. Sekolah sebagai institusi Pendidikan
dapat menumbuhkan pola pikir moderasi beragama dengan kondisi bahwa
pandangan eksklusif dan tindakan ekstremisme kekerasan dalam jubah agama
akan merusak sendi serta tenun kebangsaan yang majemuk.
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui konsep moderasi beragama yang ada
di MTsN 3 Ponorogo, Untuk mengetahui nilai-nilai moderasi beragama yang ada
dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam di MTsN 3 Ponorogo, Untuk
mengetahui faktor penghambat dan pendukung penerapan nilai – nilai moderasi
beragama dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam di MTsN 3 Ponorogo.
Pendekatan yang digunnakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi, dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Konsep moderasi beragama di MTsN
3 Ponorogo diterapkan melalui program-program madrasah yaitu Integrasi Nilai
Moderasi dalam Kurikulum, Dialog dan Forum Diskusi, Pelatihan dan Workshop,
Pembiasaan Nilai Moderasi, Seni dan Budaya Perdamaian, Evaluasi dan
Apresiasi. 2). Implementasi nilai moderasi dalam pembelajaran Pendidikan agama
Islam yang lansung dilakukan mulai dari materi ajar (akidah akhlak, fiqih, al
qur’an hadist, SKI) yang mengandung muatan moderasi beragama (tasamuh,
syura’, tawazun, I’tidal, tawassuth, musawah, muwathanah), sedangkan penerapan
yang tidak dilakukan secara lansung melalui pembiasaan yang dilakukan didalam
dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan diluar kelas. 3). Faktor yang ada dalam
penerapan nilai moderasi beragama yaitu faktor pendukung meliputi fasilitas yang
memadai, kegiatan sosial, kurikulum yang memasukan nilai moderasi,
kebudayaan Islam.
Kata Kunci: Moderasi beragama, Pembelajaran, Pendidikan agama Islam
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 09:31 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 09:31 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/181 |
