PENERAPAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I MI KANZUL HUDA GUNDIK SLAHUNG PONOROGO

Suryanti, Tatik (2027) PENERAPAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I MI KANZUL HUDA GUNDIK SLAHUNG PONOROGO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of pgmi TATIK SURYANTI_compressed.pdf] Text
pgmi TATIK SURYANTI_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Suryanti, Tatik. 2027. Penerapan Media Flash Card dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Siswa Kelas I MI Kanzul Huda Gundik
Slahung Ponorogo. Skripsi 2027 Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam
Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar
Ponorogo, Pembimbing : Ririn Nuraini, M.Pd.
Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya kemampuan membaca
sebagai dasar utama dalam pembelajaran di sekolah dasar. Pada saat ini masih
banyak sekali siswa yang memiliki kemampuan membaca rendah. Penerapan
Media Flash Card diharapkan bisa menjadi alternatif solusi dalam meningkatkan
kemampuan membaca siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk meningkatkan kemampuan
membaca siswa kelas I MI Kanzul Huda Gundik Slahung Ponorogo. 2) Untuk
mengetahui penerapan Media Flash Card pada siswa kelas I MI Kanzul Huda
Gundik Slahung Ponorogo. 3) Untuk mengetahui implikasi penerapan Media
Flash Card dalam meningkatan kemampuan membaca siswa kelas I MI Kanzul
Huda Gundik Slahung Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
Peneliti bertindak sebagai instrumen utama dan melakukan observasi partisipatif
terhadap proses pembelajaran membaca menggunakan Media Flash Card. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan media Flash Card
memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa,
baik dari segi kognitif, afektif, maupun sosial, 2) Siswa mengalami peningkatan
dalam mengenal huruf, suku kata, dan merangkai kata menjadi kalimat sederhana.
3) Minat dan sikap belajar siswa menjadi lebih positif, dan suasana kelas menjadi
lebih aktif dan menyenangkan. Guru juga menunjukkan peningkatan kreativitas
dan inovasi dalam pembelajaran. Dengan demikian, media Flash Card layak
direkomendasikan sebagai strategi efektif dalam meningkatkan kemampuan
membaca pada siswa kelas awal di madrasah ibtidaiyah.
Kata Kunci: Media Flash Card, Meningkatkan Kemampuan Membaca

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibti'daiyah
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2025 08:57
Last Modified: 21 Oct 2025 08:57
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item
View Item