EFEKTIFITAS METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA ARIF SABILUL MUTTAQIN NAMBAK BUNGKAL PONOROGO

MULYANI, SRI (2027) EFEKTIFITAS METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA ARIF SABILUL MUTTAQIN NAMBAK BUNGKAL PONOROGO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of pgmi SRI MULYANI_compressed.pdf] Text
pgmi SRI MULYANI_compressed.pdf

Download (837kB)

Abstract

Mulyani, sri . 2025. Efektifitas Metode Tilawati Dalam Meningkatkan
Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah
Sabilul Muttaqin Nambak Bungkal Ponorogo Tahun Ajaran
2024/2025. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadhotul Mujahidin
Ngabar Ponorogo. Pembimbing : Iflahathul Chasanah, M.Pd.
Kata Kunci : Metode Tilawati, Meningkatkan Pembelajaran, Membaca Al
Qur’an.
Di Indonesia pada umumnya pembelajaran membaca Al-Qur’an dilakukan
di tpq /tpa .(Taman Pendidikan Al-Qur’an), oleh karena itu orangtua yang tidak
dapat membawa putra-putrinya untuk khusus mempelajari Al-Qur’an tpq / tpa.
berharap banyak terhadap lembaga mi maarif sabilul mutaaqin nambak bunkal
ponorogo. sebagai sekolah yang menerapkan full day school untuk dapat
mewujudkan siswa yang dapat membaca Alquran dengan kaidah yang benar
sesuai dengan hukum tajwid.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan
kualitatif untuk mendapatkan data mengenai ketrampilan penerapan membaca
alquran metedo tilawati siswa kelas 2 MI sabilul muttaqin nambak bungkal
Ponorogo . yaitu dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Data yang digunakan berupa hasil tulisan tangan siswa dengan
menggunakan penerapan metede penerapan membaca alquran mengunakan
metode tilawati.Berdasarkan kesimpulan hasil wawancara dan observasi yang
dilakukan peneliti menunjukkan bahwa metode tilawati efektif dalam
meningkatkan pembelajaran membaca Al-Qur’an di MI Ma’arif Sabilul Muttaqin
Nambak Bungkal Ponorogo dibuktikan dengan terstrukturnya proses
pembelajaran dan terkondisinya kelas serta teknik dalam proses pembelajaran
yang tepat terbukti dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an siswa kelas II MI
Ma’arif Sabilul MuttaqinPembelajaran evektivitas metode tilawati dalam
meningatkan belajar al-quran di mi maarif sabilul muttaqin nambak bungkal
ponorogo ,merupakan skil siswa. Factor pendukung dan penghambat
pembelajaran evektivitas metode tilawati dalam menigkatkan belajar alquran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibti'daiyah
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2025 08:22
Last Modified: 21 Oct 2025 08:22
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item
View Item