KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUHADHARAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF SABILUL MUTTAQIN NAMBAK BUNGKAL PONOROGO

Waskitho, Robbi (2027) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUHADHARAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF SABILUL MUTTAQIN NAMBAK BUNGKAL PONOROGO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of pgmi SKRIPSI ROBBI ACC WISUDA EDIT 2 (3)_compressed.pdf] Text
pgmi SKRIPSI ROBBI ACC WISUDA EDIT 2 (3)_compressed.pdf

Download (993kB)

Abstract

Waskitho, Robbi. Kegiatan Ekstrakurikuler Muḥaḍharah Dalam Meningkatkan
Karakter Percaya Diri Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif
Sabilul Muttaqin Nambak Bungkal Ponorogo. Prodi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam
Riyadlhotul Mujahidin Pondok Pesantren Ngabar Ponorogo.
Pembimbing : Darul Ma’arif, M.S.I
Kata Kunci : Ekstrakurikuler, Muhadharah, Karakter Percaya diri.
Pentingnya pembentukan karakter percaya diri pada peserta didik bisa
dibuktikan dengan rendahnya karakter percaya diri yang dimiliki peserta didik di
Indonesia, didukung dengan data yang didapatkan dari Kementerian
Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik
Indonesia. Pada tahun 2018 sebanyak 56 persen remaja di Indonesia memiliki
tingkat kepercayaan diri yang rendah. Jadi sudah dipastikan, pembentukan
karakter percaya diri sangat penting. Ekstrakurikuler muhadharah adalah
kegiatan yang sesuai menjadi wadah untuk melatih karakter percaya diri peserta
didik, juga berfokus pada pelatihan mental siswa, khususnya dalam konteks
membentuk karakter siswa, melatih kepercayaan diri, keberanian berbicara di
depan umum, serta mengembangkan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler muḥaḍharah dan menganalisis peranannya dalam meningkatkan
karakter percaya diri peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Sabilul
Muttaqin Nambak Bungkal Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan
kepala madrasah, guru pembimbing dan peserta didik, serta dokumentasi
kegiatan muḥaḍharah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan muḥaḍharah dilaksanakan
secara rutin setiap hari sabtu setelah selesai jam pelajaran sekolah dengan
melibatkan seluruh peserta didik kelas atas yaitu ,IV, V, dan VI secara bergilir.
Semua peserta kegiatan wajib bertugas sebagai pembawa acara, penyampai
pidato, dan petugas lainnya. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan
kepercayaan diri peserta didik, yang terlihat dari keberanian mereka tampil di
depan umum, kemampuan menyampaikan pendapat, serta peningkatan
partisipasi aktif dalam kegiatan sekolah.
Dengan demikian, kegiatan muḥaḍharah dapat disimpulkan berperan
signifikan dalam membentuk karakter percaya diri peserta didik di Madrasah
Ibtidaiyah Ma’arif Sabilul Muttaqin Nambak Bungkal Ponorogo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2025 08:18
Last Modified: 21 Oct 2025 08:18
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item
View Item