Aini, Nurul (2027) PENERAPAN METODE MUHADATSAH DALAM MENINGKATKAN MAHARAH KALAM PESERTA DIDIK KELAS IX H MTS WALI SONGO PUTRI NGABAR PONOROGO TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
NURUL AINI ALHAMDULILLAH FIKS (1)_compressed.pdf
Download (986kB)
Abstract
Aini, Nurul. Penerapan Metode Muhadatsah dalam Meningkatkan Maharah Kalam
Peserta Didik Kelas IX H MTs Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo Tahun
Ajaran 2024/2025. Skripsi. 2027. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok
Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Dr. Irfan Jauhari,
M.Pd.I.
Kata Kunci: Metode Muhadatsah, Maharah Kalam.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendah nya maharah kalam dan
pemahaman peserta didik kelas IX H MTs Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo
terhadap materi pembelajaran bahasa Arab disebabkan karena pada saat guru
menyampaikan materi kebanyakan peserta didik belum paham betul dengan materi
yang sudah diajarkan dan guru tidak banyak melibatkan peserta didik dalam proses
pembelajaran, Hal Ini dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu penerapan metode Muhadatsah dalam
meningkatkan maharah kalam peserta didik kelas IX H merupakan salah satu upaya
yang dilaksanakan untuk meningkatkan maharah kalam dan hasil belajar peserta
didik.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui maharah kalam peserta
didik kelas IX H MTs Wali Songo putri, mengetahui penerapan metode Muhadatsah
dalam meningkatkan maharah kalam peserta didik kelas IX H MTs Wali Songo
Putri, mengetahui hasil hasil penerapan metode Muhadatsah dalam meningkatkan
maharah kalam peserta didik kelas IX H MTs Wali Songo Putri.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX H MTs Wali Songo
Putri Ngabar Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025 dengan jumlah 25 peserta
didik. Adapun data penelitian dikumpulkan melalui observasi, kuesioner dan hasil
tes.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana maharah kalam
peserta didik kelas IX H MTs Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo Tahun Ajaran
2024/2025, 2) Bagaiman penerapan metode Muhadatsah dalam meningkatkan
maharah kalam peserta didik kelas IX H MTs Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo
Tahun Ajaran 2024/2025, 3) Bagaimana hasil penerapan metode Muhadatsah dalam
meningkatkan maharah kalam peserta didik kelas IX H MTs Wali Songo Putri
Ngabar Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Maharah kalam peserta didik
kelas IX H MTs Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo tergolong rendah hal ini
dibuktikan dari hasil belajar peserta didik, 2) Penerapan metode Muhadatsah ini
menggunakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi, 3) Penerapan metode Muhadatsah dalam meningkatkan
maharah kalam peserta didik mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan dengan
perolehan nilai hasil tes di setiap akhir siklus yaitu dari 60% pada siklus I, menjadi
88% pada siklus II.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:57 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 07:57 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/176 |
