Niza, Naura Khoirun (2027) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA IMTAQ DALAM PENGENALAN MAHARAH KITABAH PADA ANAK USIA DINI DI TA AL-MANAAR AL-ISLAMIYAH. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
NAURA KHOIRUN NIZA_compressed.pdf
Download (1MB)
Abstract
Khoirun Niza, Naura. Implementasi Model Pembelajaran Sentra Imtaq Dalam
Pengenalan Maharah Kitabah Pada Anak Usia Dini di TA Al-Manaar Al
Islamiyah. Skripsi. 2027. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren
Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Darul Lailatul Qomariyah, M.
Ag.
Kata Kunci: Implementasi, Sentra Imtaq, Maharah Kitabah, Usia Dini
Maharah Kitabah merupakan salah satu keterampilan dasar dalam proses
pembelajaran bahasa Arab. Sejak dini, anak-anak perlu diperkenalkan dengan
kemampuan menulis untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan
komunikasi, kreativitas, dan ekspresi diri.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengenalan
Maharah Kitabah pada anak usia dini di TA Al-Manaar Al-islamiyah? 2)
Bagaimana implementasi model pembelajaran sentra Imtaq dalam pengenalan
Maharah Kitabah pada anak usia dini di TA Al-Manaar Al-Islamiyah? Penelitian
ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana pengenalan Maharah Kitabah pada
anak usia dini di TA Al-Manaar Al-Islamiyah, 2) Mengetahui bagaimana
implementasi model pembelajaran sentra imtaq dalam pengenalan Maharah
Kitabah pada anak usia dini di TA Al-Manaar Al-Islamiyah.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di TA Al-Manaar Al
Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil Penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Penerapan maharah kitabah
pada anak usia dini di TA Al-Manaar Al-Islamiyah dilaksanakan melalui tahapan
bertahap, mulai dari kegiatan pra-menulis, menebalkan huruf dengan media
bergaris putus-putus, hingga latihan menyalin huruf ke kertas polos. Pembelajaran
ini dikemas secara tematik. Mayoritas anak mengalami perkembangan positif,
terlihat dari kemampuan mereka menyalin huruf dengan lebih baik dan mengenal
huruf hijaiyah secara lebih mendalam. 2). Implementasi model pembelajaran sentra
imtaq dalam pengenalan maharah kitabah di TA Al-Manaar Al-Islamiyah telah
dilaksanakan secara terencana dan terstruktur. Kegiatan sentra imtaq diintegrasikan
dalam RPPH yang disusun guru secara rutin, dengan aktivitas kitabah sebagai salah
satu fokus utamanya. Guru menerapkan pijakan pembelajaran sesuai prinsip sentra,
menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, aktif, dan bermakna.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 18 Oct 2025 08:02 |
| Last Modified: | 18 Oct 2025 08:02 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/172 |
