Qotrunnada, Munaya Sofiyah (2027) PERAN PROGRAM ILQOUL MUFRADAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWI KELAS X MA WALI SONGO PUTRI NGABAR PONOROGO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
MUNAYA_compressed.pdf
Download (1MB)
Abstract
Qotrunnada, Munaya Sofiyah. Peran Program Ilqoul Mufradat dalam Meningkatkan
Kemampuan Memahami Materi Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswi
Kelas X MA Wali Songo putri Ngabar Ponorogo. Skripsi. 2027. Program
Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam
Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo,
Pembimbing: Ika Wahyu Susiani, M.Pd
Kata Kunci:Ilqoul Mufradat, pembelajaran kosakata bahasa Arab, pembelajaran
bahasa Arab
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswi dalam
memahami kosakata bahasa Arab di tingkat sekolah menengah pertama. Awal mulanya
siswi mempelajari mufradat untuk mempermudah mengetahui kata dasar, dengan
bertambahnya mufradat yang dikuasai, maka siswi beralih materi yaitu mempelajari
kalimat bahasa Arab. Namun, dalam kesehariannya siswi tersebut tidak menggunakan
kalimat bahasa Arab yang telah mereka dapatkan untuk mengungkapkan maksud, akan
tetapi mereka menyampaikan maksud dalam berkomunikasi dengan beberapa kata
(mufradat). Misalnya ketika hendak menyampaikan apakah kamu mau bergabung
dengan kita, mereka tidak menggunakan kalimat ( انيلإ مضنت نأ بحتأ), akan tetapi
menggunakan ( نيعبتتس له circle kita). Pembelajaran ilqoul mufradat yang berbentuk
kalimat bahasa Arab digunakan hanya saat pembelajaran berlangsung. Program ini
merupakan program penunjang kebahasaan yang ditunjukkan untuk mendukung
pembelajaran bahasa Arab di kelas dan dikelola oleh guru kebahasaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan siswi X MA Wali
Songo Putri Ngabar Ponorogo dalam memahami materi pembelajaran bahasa Arab 2)
pelaksanaan program ilqoul mufradat bagi siswi kelas X MA Wali Songo Putri Ngabar
Ponorogo 3) peran program ilqoul mufradat dalam meningkatkan kemampuan
memahami materi pembelajaran bahasa Arab pada siswi kelas X MA Wali Songo Putri
Ngabar Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi, Teknik Analisis data yang peneliti amati menggunakan: Reduksi
data (Data Reduction), Penyajian data (Data Display) dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ilqoul mufradat Kemampuan siswi
kelas X MA Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo dalam memahami materi pembelajaran
bahasa Arab pada awalnya sebagian sudah cukup baik dan sebagian masih kurang dan
perlu ditingkatkan. Program ilqoul mufradat pada siswi kelas X MA Wali Songo Putri
Ngabar Ponorogo dilaksanakan dengan menggunakan metode talaqqi, tanya jawab, dan
taqlid. Peran program ilqoul mufradat dalam meningkatkan pemahaman materi
pembelajaran bahasa Arab pada siswi kelas X MA Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo
adalah meningkatkan bahasa yang dimiliki, mempermudah siswi dalam memahami
materi pelajaran, dan menambah perbendaharaan kata.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 09:48 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 09:48 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/168 |
