Maghfiroh (2027) UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs. WALI SONGO PUTRI NGABAR PONOROGO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
MAGHFIROH_compressed.pdf
Download (1MB)
Abstract
Maghfiroh. Upaya Guru Bahasa Arab Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa
Arab Siswa Kelas VIII MTs. Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo.
Skripsi. 2027. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah,
Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali
Songo Ngabar Ponorogo. Pembimbing : Darul Lailatul Qomariyah,
M.Ag.
Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Bahasa Arab
Belajar bahasa Arab tentunya memiliki tahapan atau jenjang agar
tersistematis dan lebih mudah untuk dipelajari serta untuk cepat
dikuasai oleh peserta didik. Terdapat beberapa cabang-cabang ilmu
bahasa Arab, diantaranya nahwu, sharaf, balaghah dan sebagainya.
Namun sebelum mempelajari itu semua, pondasi awal yang harus
dikuasai adalah kosa kata mufrodat di dalam bahasa Arab.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi
oleh siswa kelas VIII MTs Wali Songo putri Ngabar Ponorogo, dan
mengetahui upaya guru Bahasa arab dalam mengatasi kesulitan belajar
bahasa Arab kelas VIII MTs Wali Songo putri Ngabar Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup
triangulasi sumber, memungkinkan peneliti untuk mengecek kembali
data dari berbagai sumber untuk mendapatkan kebenaran hasil
penelitian.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1). Kesulitan yang dihadapi
oleh siswa kelas VIII MTs Wali Songo putri Ngabar Ponorogo pada
saat belajar bahasa Arab di antaranya kurangnya motivasi kepada
siswa dan kurangnya minat terhadap pelajaran bahasa Arab. 2). Upaya
guru Bahasa arab dalam mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab kelas
VIII MTs Wali Songo putri Ngabar Ponorogo yakni dengan
penggunakan bahasa Indonesia dalam menjelaskan materi bahasa
Arab, memberikan latihan atau tambahan soal, dan menerangkan
materi secara perlahan.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 08:26 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 08:26 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/167 |
