Khasanah, Linta Ilfatun (2027) PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG PADA SISWA KELAS I DAN II MI MU’AWANAH RINGINPUTIH SAMPUNG PONOROGO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
LINTA SKRIPSI DAFTAR SIDANG (1)_compressed.pdf
Download (2MB)
Abstract
Khasanah, Linta Ilfatun. 2027. Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan
Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Pada Siswa Kelas I Dan II MI
Mu’awanah Ringinputih Sampung Ponorogo. Skripsi. 2027. Progam Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama
Islam Riyadhotul Mujahidin Ngabar Ponorogo. Pembimbing : Ratna Utami
Nur Ajizah, M.Pd.
Kata Kunci : Metode Drill, Meningkatkan Kemampuan, Menulis Tegak Bersambung.
Pembelajaran yang baik membutuhkan proses interaksi yang baik bagi pendidik
dan peserta didik. Agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan efektif dan efesien perlu
adanya perencanaan strategi untuk mendukung siswa dalam belajar. Mata pelajaran
bahasa indonesia memerlukan stategi yang sesuai untuk siswa mudah memahami materi
yang diajarkan. Membaca dan menulis diajarkan di usia dasar sangat penting, karena
untuk membentuk kemampuan motorik siswa. Siswa yang sudah mempunyai kempuan
dasar membaca dan menulis sejak dini, akan berdampak baik pada keberhasilan belajar.
Siswa kelas I dan II MI Mu’awanah kemampuan motoriknya berkembang dengan baik,
sehingga dalam menulis tegak bersambung siswa mampu menghasilkan tulisan yang
baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan menulis tegak
bersambung pada siswa kelas I dan II di MI Mu’awanah Ringinputih Sampung, (2)
Penerapan metode drill pada siswa kelas I dan II di MI Mu’awanah Ringinputih
Sampung, (3) Implikasi penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan
menulis tegak bersambung pada siswa kelas I dan II di MI Mu’awanah Ringinputih
Sampung.
Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan
adalah pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas I dan II MI
Mu’awanah Ringinputih yaitu dengan teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif.
Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) sebelum penerapan metode
drill, kemampuan menulis tegak bersambung siswa berada pada tingkat rendah, ditandai
dengan tulisan yang kurang rapi dan tidak konsisten, 2) penerapan metode drill
dilakukan secara berulang-ulang dan terstruktur dalam kegiatan pembelajaran,
khususnya dalam meningkatkan keterampilan dasar seperti menulis. Guru kelas I dan II
memberikan latihan soal atau tugas secara berkelanjutan hingga siswa mampu
memahami dan menguasai materi yang diajarkan. Penerapan metode drill ini mampu
meningkatkan ketekunan, keterampilan, dan pemahaman siswa, meskipun beberapa
kendala masih ditemui, seperti perbedaan tingkat kemampuan siswa dan keterbatasan
waktu pembelajaran, 3) implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode drill
efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung pada siswa kelas I
dan II, serta dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran menulis di tingkat Madrasah
Ibtidaiyah.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibti'daiyah |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 08:05 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 08:05 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/166 |
