Robbi, Ilham Fadli (2027) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI MAMBAUL HUDA AL – ISLAMIYAH NGABAR PONOROGO TAHUN AJARAN 2026/2027. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
ILHAM FADLI ROBBI_compressed.pdf
Download (1MB)
Abstract
Ilham Fadli Robbi, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl)
Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika
Di MI Mambaul Huda Al–Islamiyah Ngabar Ponorogo Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Institut Agama
Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar
Ponorogo Pembimbing : Iflahathul Chasanah, M.Pd.
Abstrak
Model pembelajaran merupakan komponen yang penting untuk mengatur,
mengorganisasi, dan memfasilitasi proses belajar sehingga peserta didik dapat
mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap afektif. Salah satunya
adalah model pembelajaran Problem Based Learning atau PBL. Model
pembelajaran PBL merupakan model yang berpusat kepasa siswa, siswa diberikan
kebebasan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang diberikan guru.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk teknik dalam
pengumpulan data, penulis melakukan observasi, wawancara dan studi
dokumen/dokumentasi. Adapun pemeriksaaan keabsahan data dengan
dilakukannya perpanjang keikutsertaan, pengamatan dan triangulasi. Adapun
teknik analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data lalu penarikan
kesimpulan.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui penerapan dari model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan minat belajar
siswa mata pembelajaran matematika di MI Mamba’ul huda Al - Islamiyah Ngabar
2)Untuk mengetahu minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI
Mamba’ul huda Al - Islamiyah Ngabar 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
dalam meningkatkan minat belajar siswa mata pembelajaran matematika.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan metode Penerapan
Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) dalam meningkatkan minat
belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI Mambaul Huda Al–Islamiyah
Ngabar Ponorogo diawali dengan memberikan permasalahan, selanjutnya siswa
diberikan waktu untuk menyelesaikan permasalahan, Setelah menyelesaikan
masalah tersebut, siswa mempresentasikan masalah tersebut didepan kelas dan
dievaluasi oleh gurunya. 2) Minat belajar siswa ketika gurunya menggunakan PBL
meningkat, yang awalnya malas menjadi aktif dan senang terhadap pembelajaran
3) Hambatan dalam proses penerapannya diantaranya waktu yang cukup panjang,
perbedaan kognitif siswa dan media yang sangat terbatas. faktor yang mendukung
dalam proses pembelajaran diantaranya kesiapan guru untuk membimbing siswa,
memberikan banyak contoh permasalahan dan mengajak siswa untuk diskusi.
Kata Kunci: Model pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Minat
belajar, Matematika
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibti'daiyah |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 09:40 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 09:40 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/162 |
