Maulaya, Ilham Aziz (2027) MPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUTHALA’AH DALAM MENINGKATKAN MAHARAH KALAM PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS WALI SONGO PUTRA NGABAR PONOROGO TAHUN AJARAN 2024-2025. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
ILHAM AZIZ MAULAYA_compressed.pdf
Download (1MB)
Abstract
Maulaya, Ilham Aziz. Implementasi Pembelajaran Muthala’ah dalam
Meningkatkan Maharah Kalam Peserta Didik Kelas VIII MTs Wali Songo
Putra Ngabar Ponorogo Tahun Ajaran 2024-2025. Skripsi. 2027. Program
Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam
Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo,
Pembimbing: Dr. Imam Rohani, M.Pd.I.
Kata kunci: Muthala’ah, Maharah Kalam, Pembelajaran Bahasa Arab
Rendahnya kemampuan berbicara peserta didik dalam bahasa Arab
mengingatkan pentingnya penerapan metode pembelajaran yang efektif.
Penelitian ini difokuskan pada kontribusi pembelajaran muthala’ah dalam aspek
maharah kalam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis studi kasus. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data,
penarikan simpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan
teknik triangulasi, dan member checking.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi pembelajaran
muthala’ah dalam meningkatkan maharah kalam peserta didik kelas VIII MTs
Wali Songo Putra Ngabar Ponorogo tahun ajaran 2024-2025, 2) mengetahui peran
pembelajaran muthala’ah dalam meningkatkan maharah kalam peserta didik
kelas VIII MTs Wali Songo Putra Ngabar Ponorogo tahun ajaran 2024-2025, 3)
mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran muthala’ah dalam
meningkatkan maharah kalam peserta didik kelas VIII MTs Wali Songo Putra
Ngabar Ponorogo tahun ajaran 2024-2025.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran muthala’ah
dilaksanakan secara rutin dengan tahapan sistematis, meliputi pengenalan
kosakata (mufrodat), pembacaan dan penjelasan teks, tanya jawab, latihan soal,
serta hafalan, 2) proses pembelajaran ini secara signifikan meningkatkan
penguasaan kosakata, struktur kalimat, dan keberanian peserta didik dalam
menggunakan berbicara bahasa Arab, 3) faktor pendukung keberhasilan
pembelajaran ini meliputi metode yang variatif dan menyenangkan, materi teks
yang relevan, peran aktif guru sebagai fasilitator, partisipasi aktif peserta didik,
serta suasana kelas yang kondusif. Adapun faktor penghambatnya meliputi
keterbatasan waktu, dominannya penggunaan bahasa Indonesia oleh guru,
kurangnya media pembelajaran interaktif, kondisi fisik peserta didik yang
mengantuk atau lelah, serta rendahnya motivasi belajar sebagian peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 08:42 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 08:42 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/161 |
