IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB FATHUL QORIB DALAM PEMBINAAN KUALITAS UBUDIYAH SANTRI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUT THOLIBIN TAMANSAR CARANGREJO SAMPUNG PONOROGO

Abdulloh, Hallil (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB FATHUL QORIB DALAM PEMBINAAN KUALITAS UBUDIYAH SANTRI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUT THOLIBIN TAMANSAR CARANGREJO SAMPUNG PONOROGO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of HALLIL_compressed.pdf] Text
HALLIL_compressed.pdf

Download (858kB)

Abstract

Abdulloh, Hallil. Implementasi Pembelajaran Kitab Fathul Qorib dalam Pembinaan
Kualitas Ubudiyah Santri di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin Tamansari
Carangrejo Sampung Ponorogo. Skripsi. 2025. Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin
Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Iin Supriyanti,
M.Pd.I.
Kata kunci: Fathul Qorib, ubudiyah, santri.
Pembelajaran kitab kuning, khususnya Fathul Qorib, memegang peranan
penting dalam pendidikan di pondok pesantren, termasuk di Pondok Pesantren
Roudlotut Tholibin Tamansari Carangrejo Sampung Ponorogo. Kitab ini menjadi
rujukan utama dalam fiqh ibadah, yang merupakan fondasi kehidupan sehari-hari
santri. Namun, masih perlu dikaji lebih mendalam bagaimana implementasi
pembelajaran kitab ini dapat meningkatkan kualitas Ubudiyah santri, baik dari segi
pemahaman maupun pengamalan ibadah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
pentingnya pendidikan fiqh praktis dalam membentuk santri yang tidak hanya
menguasai teori, tetapi juga konsisten dalam menjalankan ibadah sesuai syariat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode pembelajaran kitab Fathul
Qorib di
Pondok
Pesantren
Roudlotut
Tholibin
serta menganalisis
pengaruhnya terhadap pemahaman dan praktik ibadah santri. Selain itu, penelitian ini
juga ingin mengetahui sejauh mana pembelajaran kitab kuning ini berkontribusi
dalam pembentukan karakter religius dan kedisiplinan ibadah di kalangan santri.
Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi dan acuan
dalam meningkatkan kualitas pendidikan fiqih di pesantren.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi
kasus untuk menggali data secara mendalam. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi
langsung terhadap
proses
pembelajaran, wawancara
mendalam dengan pengasuh pesantren dan santri, serta studi dokumentasi terkait
kegiatan pembelajaran dan praktik ibadah. Data yang diperoleh kemudian dianalisis
secara deskriptif untuk menjelaskan pola pembelajaran, efektivitas metode, dan
dampaknya terhadap kehidupan Ubudiyah santri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fathul Qorib di Pondok
Pesantren Roudlotut Tholibin dilaksanakan dengan metode sorogan dan bandongan,
yang menekankan pemahaman fiqh ibadah secara praktis. Pendekatan ini terbukti
v
efektif dalam meningkatkan pemahaman santri tentang tata cara ibadah yang benar,
sekaligus menumbuhkan kesadaran religius, kedisiplinan, dan komitmen dalam
menjalankan ibadah sehari-hari. Selain itu, pembelajaran kitab ini juga berperan
penting dalam pembentukan karakter santri yang religius dan berakhlakul karimah.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Fathul Qorib memberikan
kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas Ubudiyah santri di pesantren
tersebut.
Penelitian ini memperkuat bukti bahwa pembelajaran kitab kuning,
khususnya Fathul Qorib, tidak hanya berfungsi sebagai transfer ilmu, tetapi juga
sebagai media pembinaan spiritual dan moral santri. Melalui metode sorogan dan
bandongan, santri tidak hanya memahami teori fiqih, tetapi juga mampu
mengaplikasikannya
dalam
kehidupan
sehari-hari.
Temuan ini
dapat
menjadi referensi bagi pengembangan kurikulum pesantren yang lebih efektif dalam
membina kualitas ibadah dan akhlak santri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2025 08:25
Last Modified: 15 Oct 2025 08:25
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item
View Item