IMPLEMENTASI METODE BACA AL-QUR’AN JET TEMPUR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-ISHLAH BUNGKAL PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024-2025

AZHARI, GALYH AHMAD (2025) IMPLEMENTASI METODE BACA AL-QUR’AN JET TEMPUR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-ISHLAH BUNGKAL PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024-2025. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of GALYH AHMAD AZHARI_compressed.pdf] Text
GALYH AHMAD AZHARI_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Azhari, Galyh. Implementasi Metode Baca Al-Qur’an Jet Tempur dalam
Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Peserta Didik di Madrasah
Tsanawiyah Al-Ishlah Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2024-2025.
Skripsi. 2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah,
Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Walisongo
Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Ririn Nuraini, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakaingi oleh keresahan peneliti berkaitan dengan
tingkat kemampuan baca Al-Qur’an peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al
Ishlah Bungkal Ponorogo itu belum lancar. Hal itu disebabkan oleh berbagai hal,
salah satunya adalah metode yang digunakan kurang sesuai.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). mengetahui kemampuan baca Al-Qur’an
peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Bungkal Ponorogo tahun
pelajaran 2024-2025; 2) Mengetahui implementasi metode Jet Tempur di
Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2024-2025;
3) Untuk mengetahui dampak metode Jet Tempur dalam meningkatkan
kemampuan baca Al-Qur’an peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah
Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2024-2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
observasi partisipatif. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model interaktif dari Miles dan
Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan baca Al-Qur’an
peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Bungkal Ponorogo tahun
pelajaran 2024-2025 masih kurang dan perlu ditingkatkan dengan lebih baik lagi;
2) Implementasi metode baca Al-Qur’an Jet Tempur peserta didik di Madrasah
Tsanawiyah Al-Ishlah Bungkal Ponorogo menggunakan dua tahapan. Tahap
pertama musyafahah yaitu guru memberi contoh cara baca yang benar kemudian
ditiru oleh peserta didik. Kemudian tahap kedua adalah guru menjelaskan materi
yang ada di jet tempur, kemudian peserta didik disuruh mempraktikkan materi
yang ada. Apabila terjadi kesalahan maka guru mengkoreksi; 3) Dampak metode
Jet Tempur dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an peserta didik di
Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2024-2025
adalah positif. Hal ini dibuktikan dengan Sebagian besar peserta didik, sekitar 80
persen mengalami peningkatan kelancaran dalam membaca Al-Qur’an yang
sesuai dengan makharijul huruf dan tajwid.
Kata kunci: Implementasi, Metode Jet Tempur, Kemampuan Baca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2025 08:19
Last Modified: 15 Oct 2025 08:19
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item
View Item