Anggraini, Choirotul (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP JIWA TA’ADDUB DAN JIWA SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTSN 2 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
CHOIROTUL ANGGRAINI_compressed.pdf
Download (1MB)
Abstract
Anggraini, Choirotul. Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Jiwa
Ta’addub dan Jiwa Sosial Peserta Didik Kelas VIII di Mtsn 2 Ponorogo
Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi 2025. Program Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Tarbiyah, Institute Agama Islam Riyadlotul Mujahidin
Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing Dr. A’ang
Yusril Musyafa, S.E.I., M.M.
Kata kunci: akidah akhlak, jiwa ta’addub, jiwa sosial
Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan guru
serta lingkungan belajar yang bertujuan menciptakan perubahan perilaku kearah
yang lebih baik. Permasalahan karakter dan moralitas peserta didik saat ini menjadi
tantangan khusus dalam dunia Pendidikan khususnya ditingkat remaja. Fenomena
sekarang seperti menurunnya sopan santun, lemahnya penghormatan terhadap guru
dan orang tua, serta rendahnya kepedulian social yang kerap dijumpai dilingkungan
sekolah. Kondisi ini dijumpai ketika jam pelajaran, diluar jam Pelajaran. Oleh
karena itu mata Pelajaran akidah akhlak dianggap sebagai mata Pelajaran yang
relevan dalam penguatan Pendidikan karakter.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh pembelajaran akidah
akhlak terhadap jiwa ta’addub dan jiwa sosial peserta didik kelas VIII di MTsN
Ponorogo Tahun Pelajaran 2024/2025, 2) mengetahui pengaruh pembelajaran
akidah akhlak terhadap jiwa ta’addub peserta didik kelas VIII di MTsN Ponorogo
Tahun Pelajaran 2024/2025, 3) mengetahui pengaruh pembelajaran akidah akhlak
terhadap jiwa sosial peserta didik kelas VIII di MTsN Ponorogo Tahun Pelajaran
2024/2025. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif
dengan jumlah 85 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
angket, wawancara dan dokumentasi, serta di analisis menggunakan uji validitas,
reliabilitas, uji asumsi klasik normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas dan
linearitass dilanjutkan dengan uji regresi linear sederhana, uji t dan uji determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 1) pengaruh pembelajaran
akidah akhlak terhadap jiwa ta’addub dan jiwa sosial peserta didik kelas VIII di
MTsN Ponorogo Tahun Pelajaran 2024/2025 memiliki pengaruh yang signifikan,
2) pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran akidah akhlak terhadap jiwa
ta’addub peserta didik, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung 4,251 >
t tabel 1,988. Persamaan regresi linear yaitu Y = 10,712 + X = 0,350, dengan r2
0,179 yang menunjukan kontribusi pengaruh 17,9%, 3) pada variable jiwa social,
pembelajaran akidah akhlak menunjukkan pengaruh signifikan dengan nilai 0,000
< 0,05 dan t hitung 6,628 > t tabel 1,988. Persamaan regresi liniear yaitu Y = 7,963
+ X = 0,435 dengan nilai r2 yang menunjukkan kontribusi pengaruh 34,6%.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 09:16 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 09:16 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/152 |
