PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI KELAS 3E TAHUN AJARAN 2022-2023 (Studi Kasus Di Tarbiyatul Mu’alimin Al-Islamiyah Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo)

Abdullah, Abdullah (2023) PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI KELAS 3E TAHUN AJARAN 2022-2023 (Studi Kasus Di Tarbiyatul Mu’alimin Al-Islamiyah Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo). Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of Skripsi ABDULLAH.pdf] Text
Skripsi ABDULLAH.pdf

Download (578kB)

Abstract

Abdullah. Penerapan Bimbingan Konseling Dengan Teknik Self Management
Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Santri 3E Tahun Ajaran 2022-2023
(Studi Kasus Di Tarbiyatul Mu”alimin Al-Islamiyah Pondok Pesantren Wali
Songo Ngabar Ponorogo). Program studi Bimbingan Penyuluhan Islam,
Fakultas Dakwah, Istitut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok
Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Darul Ma’arif,
MSI., Fatakhul Huda, M.Pd.I.
Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Self Management, Motivasi Belajar
Bimbingan konseling merupakan proses pemberian bantuan anatara
konselor dan konseli dengan bertujuan agar konseli bisa menyelasaikan masalahnya
dan bahkan terhindar dari masalah tersebut. Sedangkan self management adalah
merupakan teknik yang dimana seorang konseli diajak oleh konselor untuk bisa
melatih dan bertanggung jawab akan dirinya sendiri. Pemberian bimbingan
konseling dengan teknik self management untuk meningkatkan motivasi belajar
santri 3E sangat penting dimana sebagai siswa kadang terlena akan kewajiban
belajarnya sehingga muncul rasa malas untuk belajar berakibat turunnya nilai dalam
pembelajaran dikelas.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana penerapan
bimbingan konseling dengan teknik self management di dalam asrama, 2)
Mengetahui tingkat motivasi belajar santri 3E, 3) Mengetahui penerapan dari
bimbingan konseling dengan teknik self management terhadap perubahan motivasi
belajar santri 3E.
Hasil dari penelitian mengungkapkan: 1) Proses bimbingan konseling
dengan teknik self management sudah berjalan dengan rutin namun secara umum
belum maksimal dikarenakan dari pihak konselor atau dari pihak konseli tidak hadir
waktu pelaksanaan, 2) motivasi belajar santri 3E secara umum baik namun ada
beberapa yang mengalami naik turun dikarenakan beberapa faktor salah santunya
motivasi mereka masuk pondok atas keinginan sendiri atau paksaan dari orang tua,
3) Penerapan bimbingan konseling dengan teknik self management terhadap
motivasi belajar santri 3E sangat berpengaruh dimana dalam kegitan belajar malam
terlihat lebih semangat dilihat dari ketepatan waktu hadir dan kelengkapan dalam
membawa buku belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan Penyuluh Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:12
Last Modified: 14 May 2025 10:14
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/15

Actions (login required)

View Item
View Item